... paling terpenting adalah bila merasakan sakit maka beristirahatlah dahulu dan manfaatkan pos kesehatan terdekat...
Depok, Jawa Barat (ANTARA News) - Kesehatan yang prima penting sekali jika ingin mudik Lebaran berjalan baik, selamat, aman, dan menyenangkan. Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kota Depok membagikan beberapa tips mudik itu.

"Upayakan agar para pemudik dapat tidur nyenyak minimal enam jam sebelum berangkat," kata Ketua IDI Kota Depok, Sukwanto Gamalyono, di Depok, Jumat.

Selain itu katanya jangan menempuh perjalanan dalam keadaan lapar. Sebisa mungkin ada asupan makanan bergizi yang dikonsumsi sebelum perjalananan. Perbanyak unsur karbohidrat dan protein yang merupakan sumber tenaga bagi para pemudik.

Sukwanto menganjurkan kepada para pemudik agar tidak menggunakan pakaian yang ketat. Sebab, sambungnya, selain dapat mengganggu kenyamanan saat melakukan perjalanan, hal itu juga dapat berpengaruh terhadap kondisi kesehatan para pemudik.

"Dengan memakai pakaian yang ketat, maka akan membuat para pemudik lebih cepat berkeringat, serta aliran darah tidak sempurna. Sehingga dapat dengan cepat menimbulkan rasa lelah bagi para pemudik," ujarnya.

Menurut dia para pemudik juga disarankan untuk beristirahat setiap empat jam sekali. Hal tersebut, bertujuan untuk menghindari timbulnya rasa mengantuk dan lelah saat melakukan perjalanan.

"Jangan mengemudi bila sedang mengantuk atau lelah. Selama dalam perjalanan, konsumsilah makanan dan minuman yang bersih dan sehat, jangan pernah menerima makan atau minum yang diberikan orang yang tidak dikenal," katanya.

Lebih lanjut ia mengatakan tak kalah penting cuci tangan dengan menggunakan sabun dan air mengalir. Lalu, bila pemudik menggunakan motor gunakan masker agar tidak terkena asap, debu dan polusi.

"Yang paling terpenting adalah bila merasakan sakit maka beristirahatlah dahulu dan manfaatkan pos kesehatan terdekat," ujarnya.

Pewarta: Feru Lantara
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2017