Bekasi (ANTARA News) - Satuan Lalu Lintas Polrestro Bekasi Kota, Jawa Barat, menyatakan puncak arus mudik Lebaran 1438 Hijriyah/2017 Masehi di koridor utama mudik Kota Bekasi berlangsung pada Kamis (22/6) malam atau H-3.

"Hasil pendataan kami terhadap volume kendaraan mudik tahun ini diperkirakan puncak mudik sudah terjadi pada Kamis malam kemarin," kata Kasat Lantas Polrestro Bekasi Kota, Ajun Komisaris Besar Polisi I Nengah Adi Putra di Bekasi, Jumat malam.

Menurut dia, volume kendaraan pada puncak mudik itu tercatat mencapai 57 ribu unit yang didominasi jenis sepeda motor dari arah Jakarta menuju Cikampek via Jalan KH Noer Alie Kalimalang.

Volume di koridor dalam Kota Bekasi itu ditambah pula dengan buangan kendaraan dari dalam tol akibat kemacetan di lintasan Tol Jakarta-Cikampek.

"Sempat ada pengalihan kendaraan dari dalam tol ke dalam kota oleh operator tol via Caman lewat Jalan KH Noer Alie Kalimalang. Situasi itu terjadi hingga pagi tadi," katanya.

Nengah mencatat, volume lalin mudik pada Jumat malam mulai mengalami penurunan dari periode yang sama pada Kamis malam menjadi 23 ribu unit.

"Puncak mudik sudah lewat, sekarang volume kendaraannya sudah mulai menurun sekitar 23 ribu unit sejak pagi hingga menjelang malam," katanya.

Namun demikian, pihaknya tetap mengantisipasi adanya lonjakan kendaraan pada malam ini melalui rekayasa lalu lintas guna menghindari kemacetan dalam kota akibat buangan kendaraan dari dalam tol.

Pewarta: Andi Firdaus
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2017