Merak (ANTARA News) - Arus lalu lintas di Pelabuhan Merak, Cilegon, Banten pada H-1 Lebaran 2017 atau Sabtu berjalan lancar dan tidak terjadi kepadatan kendaraan.

Berdasarkan pantuan Sabtu siang sejumlah kendaraan di lima dermaga di Pelabuhan Merak berjalan lancar diseberangkan ke atas kapal untuk menyeberang ke Pelabuhan Bakauheni, Lampung.

Pada H-3 Kamis (22/6) hingga Jumat (23/6) dini hari terjadi lonjakan pemudik hingga menyebabkan terjadi antrean kendaraan.

Namun, saat ini arus lalu lintas lancar dan kendaraan pribadi setelah tiba di Dermaga Merak bisa diseberangkan menuju Pulau Sumatra tanpa antrean angkutan.

"Kami datang ke sini berjalan lancar dan bisa naik ke atas kapal yang bersandar di Pelabuhan Merak," kata Samsul, seorang pemudik kendaraan pribadi bertujuan Kabupaten Lampung Selatan, Provinsi Lampung.

Selama ini, pihaknya tidak kesulitan dalam perjalanan karena berangkat dari Jakarta sejak pagi tidak mengalami kemacetan panjang di jalan tol Jakarta-Merak.

Perjalanan lancar itu tentu merasa nyaman bagi pemudik kendaraan.

Untuk itu, pihaknya meminta pemerintah terus meningkatkan kualitas pelayanan khusus angkutan saat mudik lebaran.

"Kami menilai pelayanan mudik lebaran tahun ini lebih baik dibandingkan tahun sebelumnya," katanya.

Begitu juga Aripin, seorang pemudik pejalan kaki mengatakan dirinya dari Tangerang menggunakan angkutan bus dalam perjalanan relatif lancar dan tidak terjadi kemacetan panjang.

Ia mengaku mudik lebaran bersama anggota keluarga bertujuan Kalianda Kabupaten Lampung Selatan cukup mengapresiasi pelayanan yang diberikan pemerintah.

Sepanjang jalan banyak petugas mulai kepolisian, Dinas Perhubungan, TNI dan berbagai organisasi memberikan pengamanan kelancaran arus lalu lintas,termasuk Pelabuhan Merak.

"Kami berharap pelayanan arus mudik lebaran tahun depan lebih baik lagi sehingga masyarakat merasa nyaman dan tenang jika pulang ke kampung halaman tanpa antrean kendaraan maupun penumpukan penumpang," katanya.

Humas PT Angkutan Sungai, Danau, dan Penyeberangan Indonesia Ferry Merak Mario Sardadi Oetomo mengatakan, pihaknya mengoptimalkan petugas di lapangan untuk mengatur arus lalu lintas agar kendaraan berjalan lancar dan tidak terjadi antrean kendaraan baik di dermaga maupun luar pelabuhan.

Selama ini, penyeberangan Merak-Bakauheni, Lampung berjalan lancar juga cuaca di perairan Selat Sunda bagian utara relatif normal.

"Kami terus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat pengguna jasa penyeberangan dengan mengutamakan kelancaran dan keselamatan penumpang," katanya.

Pewarta: Mansyur
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2017