Surabaya (ANTARA News) - Gubernur Jawa Timur Soekarwo dijadwalkan melaksanakan Shalat Idul Fitri 1 Syawal 1438 Hijriah di Masjid Nasional Al-Akbar Surabaya bersama Wakil Gubernur Saifullah Yusuf, Minggu, 25 Juni 2017.

"Gubernur, Wagub dan pejabat Forkopimda akan melaksanakan Shalat Id di Al-Akbar," ujar Kepala Biro Humas dan Protokol Pemerintah Provinsi Jawa Timur Benny Sampir Wanto ketika dikonfirmasi di Surabaya, Sabtu.

Menurut dia, sudah menjadi agenda rutin bahwa orang nomor satu di Pemprov Jatim beserta pejabat lainnya mengikuti Shalat Id di masjid berdaya tampung hingga 60 ribu jamaah tersebut.

Usai Shalat Id, kata dia, biasanya tidak sedikit jamaah yang ingin bersalaman dengan Gubernur maupun Wakil Gubernur sekaligus bersilaturahim dan saling memaafkan.

Sementara itu, di Masjid Al-Akbar akan digelar Shalat Idul Fitri dengan bertindak sebagai khatib KH Agoes Ali Masyhuri (Gus Ali) yang sehari-hari adalah pengasuh Pondok Pesantren Bumi Shalawat Sidoarjo.

"Tema yang akan disampaikan dalam ceramah adalah Urgensi Cerdas Bersyukur. Sedangkan, sebagai imam Shalat Id adalah KH Abdul Hamid Abdullah," ucap Humas Masjid Al-Akbar Helm M Noor ketika dikonfirmasi melalui telepon.

Ia juga menyampaikan bahwa kepastian pelaksanaan Shalat Idul Fitri yang digelar tepat pukul 06.00 WIB tersebut masih menunggu kepastian dari Pemerintah Pusat yang akan melakukan Sidang Isbat di kantor Kementerian Agama petang ini.

"Kami ikuti apa yang menjadi keputusan Menteri Agama. Kalau ditetapkan besok maka kami siap," katanya.

Pewarta: Fiqih Arfani
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2017