Gunung Kidul (ANTARA News) - Ribuan pemudik yang menggunakan bus turun di Terminal Dagsinarga Wonosari, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, sehingga mereka terpantau kedatangannya.

Koordinator Terminal Dhaksinarga Trisulo Hantoko di Gunung Kidul, Sabtu, mengatakan dari data terminal tercatat sudah ratusan bus yang masuk terminal sejak H-7 hingga H-1 lebaran.

Pada H-7 terdapat 33 bus dan 92 penumpang yang turun, H-6 ada 39 bus dan 450 penumpang, H-5 ada 29 bus dan 110 penumpang, H-4 terdapat 28 bus dan 299 penumpang.

Selanjutnya, pada H-3 ada 25 bus dan 68 penumpang, dan H-2 ada 36 bus dan 330 penumpang. "Paling banyak penumpang yang turun pada H-6, untuk hari ini masih terus didata, sampai siang sudah ada 36 bus yang masuk untuk hari ini," katanya.

Dia mengatakan terminal akan kembali banyak pada H+3 hingga H+7 mendatang, dengan angkutan balik lebaran. "Nanti akan kembali pucaknya sekitar H+4," katanya.

Untuk kenyamanan dan keamanan, lanjut dia, pihaknya terus melakukan pemeriksaan kendaraan pemudik.

"Bus yang dianggal layak dan sudah diperiksa diperbolehkan membawa penumpang," katanya.

Koordinator Pos Pemantauan Angkutan Lebaran Satuan Pelayanan Terminal Dhaksinarga, Kementerian Perhubungan, Bayu Setyawan mengatakan pemeriksaan angkutan setiap hari dilakukan sampai H+14 lebaran.

"Pemeriksaan ini untuk memastikan pemudik diangkut dengan kendaraan layak," katanya.

Dia mengatakan bagi kendaraan yang tidak layak, pihaknya melarang untuk beroperasi sampai semua unsur terpenuhi. Kalau sudah selesai pihaknya akan menempel stiker resmi.

"Masyarakat bisa memilih angkutan umum yang sudah ditempeli stiker," katanya.

Pewarta: Sutarmi
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2017