Jakarta (ANTARA News) - Penetapan 1 Syawal oleh Kementerian Agama, ratusan jamaah takbiran di Istiqlal, Katedral pangkas jadwal misa hormati Lebaran, Presiden Jokowi jenguk Mang Ihin di Bandung, hingga cerita saat keamanan Arab Saudi gagalkan serangan bom di Masjidil Haram menjadi lima berita kemarin yang layak baca.

1. Pemerintah tetapkan Idul Fitri 2017 pada Minggu

Jakarta (ANTARA News) - Pemerintah menetapkan Lebaran 1 Syawal 1438 Hijriyah/2017 Masehi jatuh pada Minggu, 25 Juni 2017 merujuk hasil sidang isbat yang diselenggarakan di kantor Kementerian Agama, Jakarta, Sabtu.

Baca juga: Sidang Isbat diawali pemaparan posisi hilal

Sidang penetapan Hari Idul Fitri 1 Syawal 1438 Hijriyah/2017 Masehi pada Sabtu di Kantor Kementerian Agama, Jakarta diawali dengan pemaparan posisi bulan baru atau hilal oleh Tim Hisab dan Rukyat Kemenag.

Pemaparan posisi hilal dilakukan oleh anggota tim hisab rukyat Kementerian Agama Cecep Nurwendaya yang mengawali kegiatan sidang isbat tersebut hingga shalat Maghrib.

2. Ratusan jamaah takbiran di Istiqlal

Jakarta (ANTARA News) - Ratusan jamaah melakukan takbiran di Masjid Istiqlal, Jakarta pada Sabtu setelah pemerintah lewat Kementerian Agama menetapkan awal 1 Syawal 1438 Hijriyah jatuh pada 25 Juni 2017.

Kepala Bagian Protokol dan Humas Masjid Istiqlal Abu Hurairah Abdul Salam mengatakan kegiatan takbiran digelar pada Sabtu malam usai mendapatkan kepastian tentang penetapan hari raya Idul Fitri.

Berdasarkan pengamatan Antara, jumlah jamaah takbiran Istiqlal angkanya ratusan tetapi jika dibandingkan dengan kapasitas Istiqlal berbanding jauh karena lantai utama masjid tersebut nampak lenggang. Lantai utama tersebut sedianya bisa menampung ratusan ribu jamaah.

Baca beritanya di sini.

3. Katedral pangkas jadwal misa hormati Lebaran

Jakarta (ANTARA News) - Gereja Katredal memangkas jadwal misa pada Minggu (25/6) yang bertepatan dengan Idul Fitri 1438 Hijriah untuk menghormati umat Muslim yang melaksanakan shalat Id di Masjid Istiqlal.

Kepala Paroki Gereja Katredal Jakarta Romo Hani Rudi Hartoko di Jakarta, Sabtu, mengatakan Dewan Paroki Pengurus Harian Gereja sepakat tidak mengadakan misa pagi hari dan hanya dilaksanakan pada siang dan sore hari.

"Situasi agak khusus ini karena bersamaan pada hari Minggu. Kami memahami umat Muslim hanya ada satu waktu serentak untuk shalat Id, sedangkan misa bisa menyesuaikan diri karena ada beberapa kali dalam hari Minggu," kata Romo Hani.

Selengkapnya di sini.

4. Presiden Jokowi jenguk Mang Ihin di Bandung

Bandung (ANTARA News) - Presiden Joko Widodo pada Sabtu datang ke Kota Bandung untuk menjenguk tokoh Jawa Barat Solihin Gautama Purwanegara atau Mang Ihin, yang sebelumnya menjalani perawatan di rumah sakit karena stroke ringan.

Presiden, yang mengenakan pakaian batik berwarna cokelat, tiba di Lanud Husein Sastranegara sekitar pukul 11.30 WIB setelah menempuh perjalanan sekitar 30 menit dari Lanud Halim Perdanakusuma di Jakarta menumpang pesawat kepresidenan Indonesia-1.

Baca berita selengkapnya di sini.

5. Peristiwa saat keamanan Arab Saudi gagalkan serangan bom di Masjidil Haram

Dubai (ANTARA News) - Pasukan keamanan Arab Saudi, Jumat, menggagalkan serangan bunuh diri di Masjidil Haram, tempat suci umat Islam di Kota Mekah, dengan mengamankan calon pelaku penyerangan di sebuah apartemen, tempat dia meledakkan diri kata Kementerian Dalam Negeri Saudi.

Dalam sebuah pernyataan yang dibacakan dalam siaran televisi pemerintah, kementerian tersebut mengatakan bahwa tiga pelaku telah merencanakan serangan terhadap jamaah dan pasukan keamanan di masjid tersebut, saat bulan suci umat Islam, Ramadan mendekati puncaknya.

Calon pelaku serangan bom bunuh diri yang terjebak melakukan baku tembak dengan pasukan keamanan, lalu memicu alat peledak saat dia dikepung di sebuah rumah di Ajyad al-Masafi, di pusat Kota Mekah dekat masjid, yang selama ini dijadikan basis serangan, kata kementerian tersebut.

Berita lengkapnya di sini.

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2017