Surabaya (ANTARA News) - Sejauh ini situasi dan kondisi keamanan publik di Jawa Timur terjamin, atau istilah populernya aman dan terkendali.

"Syukurlah Surabaya dan Jatim lainnya aman, baik saat persiapan arus mudik hingga malam menjelang hari H Lebaran," ujar Kepala Polda Jawa Timur, Inspektur Jenderal Polisi Machfud Arifin, inspeksi di sejumlah titik di Surabaya, Sabtu malam.

Turut mendampingi inspeksi itu Panglima Kodam V/Brawijaya, Mayor Jenderal TNI Kustanto Widiatmoko, Wakil Gubernur Jawa Timur, Saifullah Yusuf, dan sejumlah lain pejabat.

Pantauan dimulai dari Markas Polda Jawa Timur, di Jalan Ahmad Yani, kemudian ke Pos Pengamanan depan Kebun Binatang Surabaya, depan Stasiun Pasar Turi dan diakhiri di Taman Bungkul.

"Arus lalu lintas dari arah timur ke barat semuanya lancar dan cenderung sepi pada saat sekarang ini. Sedangkan dari arah barat ke timur, juga demikian sudah sangat lengang," ucap dia.

Hanya, kata dia, kasus menonjol terjadi pada Sabtu dini hari (24/6) di Probolinggo, yaitu kecelakaan yang melibatkan mobil Toyota Avanza dengan bus pariwisata hingga mengakibatkan enam orang meninggal dunia dan seorang lainnya mengalami luka kritis.

Sementara itu, Yusuf mengapresiasi pengamanan di wilayahnya gabungan TNI dan polisi yang dibantu pemerintah daerah serta masyarakat pada umumnya.

Pewarta: Fiqih Arfani
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2017