Jakarta (ANTARA News - Wakil Presiden, Jusuf Kalla, dan Ibu Mufidah Jusuf Kalla melaksanakan salat Idul Fitri 1 Syawal 1438 H, Minggu pagi pukul 07.00 WIB, di Mesjid Istiqlal, Jakarta Pusat.

Kalla dan Ibu Mufidah memasuki aula utama Mesjid Istiqlal bersama Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara, Iriana Joko Widodo, sekitar pukul 06.40 WIB.

Sholat dimulai tepat pada pukul 07.00 WIB dengan imam Direktur Jenderal Bina Masyarakat Islam Kementerian Agama, Ahmad Ismail, dan khatib Direktur Pusat Kajian Al Quran, Quraish Shihab.

Selaku khatib pada sholat Ied di mesjid dengan nama bermakna "Kemenangan" yang dirancang seorang arsitek beragama Protestan, Fredrich Silaban atas kehendak Bung Karno itu, Shihab memberikan ceramah berjudul Idul Fitri dan Semangat Memperkokoh Persatuan dan Kesatuan.

Dia menggarisbawahi pentingnya persatuan, antara lain menghargai perbedaan, kemanusiaan yang adil dan beradab, serta hak dan kewajiban kebangsaan yang sama bagi semua.

Usai sholat Ied itu, Kalla akan mendampingi Jokowi dalam acara silaturahmi terbuka dengan warga alias open house di Istana Negara.

Silaturahmi serupa akan digelar Kalla di rumah dinasnya, di Jalan Diponegoro, Jakarta Pusat.

Pewarta: Azizah Fitriyanti
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2017