... Yang tidak toleran dan tak memahami arti menghargai sesama umat beragama, tidak boleh ada di Manado, karena kita di sini semuanya menyadari pentingnya persaudaraan...
Manado (ANTARA News) - Wakil Wali Kota Manado, Mor Dominus Bastiaan, mengatakan, toleransi dan saling menghargai antar umat beragama merupakan kekuatan seluruh warga dan pemerintah kota Manado.

"Selama ini Manado selalu aman dan nyaman karena kerukunan dan toleransi itu terpelihara terus sampai saat ini," kata Bastiaan, usai menghadiri sholat Ied, di Mesjid Raya Ahmad Yani, Manado, Minggu.

Dia mengajak, seluruh warga Sulawesi Utara khususnya Menado untuk selalu menjaga hal itu, sebab dengan itulah maka setiap warga kota dapat dengan tenang dan nyaman melakukan aktivitasnya tanpa takut apapun.

Selama ini menurut Bastiaan, Manado tetap aman meskipun ada ancaman teroris ISIS atau lain karena masyarakat sangat sadar dan memahami apa itu toleransi sehingga tidak ada riak-riak dalam kehidupan bermasyarakat.

Dia mencontohkan, saat pelaksanaan shalat Ied, ada ormas Kristen yang ikut menjaga di keamanan dan mengatur lalu-lintas sehingga tidak menganggu yang sedang beribadah, itu menunjukkan betapa tinggi rasa persaudaraan.

Karena itu dia mengatakan, masyarakat dan pemerintah tidak akan menerima jika ada yang aksi intoleran yang coba-coba merusak persatuan dan kesatuan bangsa termasuk di Manado.

"Yang tidak toleran dan tak memahami arti menghargai sesama umat beragama, tidak boleh ada di Manado, karena kita di sini semuanya menyadari pentingnya persaudaraan," katanya.

Karena itulah, menurut dia, maka di setiap hari raya termasuk lebaran saat ini, pemerintah kota dipimpin langsung Wali Kota Manado,Vicky Lumentut, bersafari Idul Fitri ke rumah-rumah pejabat yang berhari raya untuk mengucapkan selamat sekaligus bersilaturahmi mengeratkan persaudaraan.

Pewarta: Joyce Bukarakombang
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2017