Jakarta (ANTARA News) - Sejumlah pengunjung Tempat Pemakaman Umum (TPU) Karet menyempatkan diri menziarahi makam Ustadz Jefri Al Bukhori (Uje) selain berziarah ke makam-makam keluarganya.

"Ada beberapa orang yang berziarah ke makam Uje tapi tidak banyak. Biasanya peziarah datang Sabtu atau Minggu di luar Ramadan dan Idul Fitri," kata Idup, pengurus makam Uje, di Jakarta, Minggu.

Idup mengatakan belum ada keluarga yang berziarah ke makam Uje. Biasanya keluarga memang tidak memberitahu kalau akan berziarah ke makam ustadz kondang yang meninggal dunia karena kecelakaan saat mengendarai sepeda motor itu.

"Biasanya keluarga memberi tahu kalau ada acara khusus di makam Uje. Kalau hanya berziarah, biasanya dadakan," tuturnya.

Salah satu pengunjung TPU Karet yang menyempatkan berziarah ke makam Uje adalah Daryanah dan Mustarudin. Mereka datang ke TPU Karet untuk menziarahi makam keluarga, kemudian menyempatkan berdoa di makam Uje.

"Kebetulan almarhum dulu teman kami. Karena ada makam keluarga di sini, maka kami sekalian mendoakan almarhum," kata Daryanah.

Makam Uje terletak di Blok A I TPU Karet. Keberadaan makam berwarna hitam tersebut cukup mencolok karena dinaungi tiga tenda berwarna putih.

Selain itu, makam Uje dibuat lebih tinggi daripada makam-makam lainnya.

Uje meninggal dunia pada 26 April 2013 karena kecelakaan saat sedang mengendarai motor gede saat akan pulang dari sebuah kafe di kawasan Kemang, Jakarta Selatan. Uje dimakamkan bertumpuk dengan makam ayahnya, Ismail Modal.

Pewarta: Dewanto Samodro
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2017