Jadikan keberagaman itu potensi bangsa agar tumbuh lebih kuat, bukan sebagai jurang pemisah."
Jakarta (ANTARA News) - Wakil Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Arcandra Tahar menyatakan Hari Raya Idul Fitri 1438 Hijriah merupakan momen merayakan keberagaman di Tanah Air.

"Keberagaman itu adalah fitrah manusia, karena Tuhan menjadikan manusia itu beragam, di akhir hayat dalam Al Quran dinyatakan litaarafu, agar manusia bisa saling mengenal," ujarnya kepada ANTARA News saat bersilaturahmi di kediaman Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI Oesman Sapta Odang, Jakarta, Minggu.

Di negara yang memiliki keberagaman suku, agama, dan budaya, Idul Fitri harus dimanfaatkan untuk memperkuat persatuan melalui silaturahim, ujarnya.

"Jadikan keberagaman itu potensi bangsa agar tumbuh lebih kuat, bukan sebagai jurang pemisah," kata Arcandra.

Arcandra, yang sebelumnya menetap di Amerika Serikat (AS) selama 20 tahun, mengaku Lebaran tahun ini lebih berkesan karena setelah menjalani sebulan ibadah puasa Ramadan, dirinya dapat bersilaturahim langsung dengan seluruh keluarga besarnya.

Seperti mayoritas masyarakat Indonesia, ahli pertambangan lepas pantai itu juga akan melakukan tradisi mudik ke kampung halamannya di Padang, Sumatera Barat, pada hari kedua Lebaran yang jatuh pada Senin (26/6).

Dengan bertemu dan bersilaturahmi langsung dengan seluruh keluarga dan kerabat, ia berharap dapat menjalin hubungan yang makin erat.

"Lebaran tahun ini maknanya kebersamaan dan silaturahmi, karena tahun ini banyak sekali jumpa keluarga dan saudara yang dulunya hanya bisa telfonan, hanya bisa bersilaturahmi lewat suara," demikian Arcandra.

Pewarta: Yashinta Difa
Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2017