Jakarta (ANTARA News) - Puncak kunjungan wisatawan ke Taman Margasatwa Ragunan diperkirakan pada Lebaran hari ketiga atau Selasa (27/6), kata Humas Taman Margasatwa Ragunan Wahyudi Bambang.

"Biasanya puncaknya terjadi pada Lebaran hari ketiga, hari pertama hari kedua belum," kata Wahyudi di Jakarta, Senin.

Dia menerangkan jumlah kunjungan wisatawan pada hari pertama Lebaran 2017 atau Hari Raya Idul Fitri 1438 H yang jatuh pada Minggu (26/6) mencapai 24 ribu orang. Jumlah tersebut di luar perkiraan pengelola yang hanya menargetkan 20 ribu pengunjung.

Namun Wahyudi menjelaskan jumlah pengunjung Taman Margasatwa Ragunan pada hari ini hingga pukul 10.00 WIB tercatat sudah mencapai 23 ribu pengunjung.

"Hari ini sampai pukul 10.00 sudah 23 ribu pengunjung, dan itu masih akan terus bertambah lagi sampai tutup loket," kata Wahyudi.

Dia memaparkan pada musim Lebaran tahun lalu puncak kunjungan wisatawan ke Taman Margasatwa Ragunan terjadi pada hari ketiga Lebaran dengan total mencapai 169 ribu orang dalam sehari.

Wahyudi memaparkan perbedaan waktu libur Lebaran pada 2017 yang hanya delapan hari akan memengaruhi jumlah pengunjung dibandingkan Lebaran tahun lalu yang hari liburnya hingga 12 hari.

Untuk memaksimalkan jumlah kunjungan pengelola kebun binatang juga menambah jam operasional loket yang buka lebih awal.

"Untuk loket buka dari jam 06.00, sampai jam 16.00 WIB. Kalau sore masih ada pengunjung, kita akan tetap buka sampai maksimal jam 17.00 WIB," kata Wahyudi.

Pengelola taman margasatwa juga menambah beberapa atraksi seperti waktu-waktu khusus untuk memberi makan satwa, wahana kuda tunggang, dan onta tunggang untuk wisatawan.

Pewarta: Aditya Ramadhan
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2017