Semarang (ANTARA News) - Para pemudik di berbagai daerah diimbau untuk menghindari waktu balik yang bersamaan menjelang berakhirnya cuti bersama Lebaran 2017 guna menghindari kemacetan arus lalu lintas.

"Jika kepulangan pemudik ke daerah asal itu dimepetkan dengan berakhirnya liburan atau cuti bersama, dikhawatirkan terjadi penumpukan arus lalu lintas," kata Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Tengah Sri Puryono di Semarang, Minggu.

Ia menyebutkan bahwa cuti bersama yang terhitung panjang pada Lebaran 2017 bersamaan dengan libur sekolah sehingga memungkinkan para pemudik untuk berlama-lama di kampung halaman.

Oleh karena itu, ia berharap pemudik bisa mengatur kepulangan agar tidak terjadi penumpukan arus lalu lintas saat arus balik lebaran.

Menurut dia, hal itu berbeda dengan saat mudik yang mengharuskan tiba di kampung halaman sebelum shalat Idul Fitri agar bisa merayakan hari pertama lebaran bersama keluarga besarnya masing-masing.

"Baliknya bisa bergantian, bisa besok, lusa, jangan menumpuk pada hari Jumat, Sabtu, atau Minggu nanti," ujarnya.

Sri Puryono mengungkapkan hingga saat ini, kondisi di Provinsi Jawa Tengah terhitung aman terkendali dan harga kebutuhan pokok masyarakat juga terjangkau.

Semua itu, kata dia, merupakan wujud keberhasilan semua pihak, termasuk masyarakat, dalam pengendalian diri selama Ramadhan.

"Kondisi seperti ini harus terus terjaga sehingga tercipta suasana yang aman dan nyaman," katanya.

(U.KR-WSN/N002)

Pewarta: Wisnu Adhi N
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2017