Magelang (ANTARA News) - Ribuan wisatawan memadati Taman Wisata Candi Borobudur di Kabupaten, Magelang, Jawa Tengah, pada libur Lebaran hari kedua, Senin.

General Manager Taman Wisata Candi Borobudur, Chrisnamurti Adiningrum di Magelang, Senin, mengatakan total pengunjung pada Lebaran hari kedua sebanyak 26.230 orang.

Ia menyebutkan dari sejumlah pengunjung tersebut, terdiri atas wisatawan nusantara sebanyak 25.605 orang, wisatawan mancanegara 453 orang, dan pengunjung sunrise sebanyak 172 orang.

Pengelola Taman Wisata Candi Borobudur (TWCB) menetapkan masa ramai libur Lebaran 2017 selama 11 hari, terhitung sejak 22 Juni hingga 2 Juli 2017.

Chrisnamurti mengatakan jumlah pengunjung Candi Borobudur selama libur Lebaran 2017 ditargetan sebanyak 316.792 orang.

Ia mengatakan selama masa ramai Lebaran 2017, TWCB didukung oleh Departeman Marketing PT Taman Wisata Candi Borobudur Prambanan dan Ratu Boko (PT TWC) menyediakan beberapa atraksi seni dan budaya seperti bergodo, punokawan, dan juga "spot" foto payung berlatar belakang Candi Borobudur serta spot foto lainnya.

Selain itu, katanya ada ragam wahana wisata menarik lainnya seperti kereta taman, andong wisata, kuda tunggang, sepeda wisata, paket wisata dengan mobil VW, dapur foto tempo dulu, dan jemparingan.

"Wahana wisata tersebut cukup terjangkau oleh masyarakat, misalnya foto tempo dulu dengan mengenakan busana Jawa hanya membacar Rp50 ribu per orang dan paket VW tilik desa dari Candi Borobudur ke ke Balai Ekonomi Desa (Balkondes) Karangrejo hanya Rp200 ribu per unit mobil.

Ia mengatakan TWCB juga melibatkan warga Borobudur untuk berkreasi menampilkan hasil karya kreativitas mereka sehingga wisatawan memiliki wawasan baru bahwa Borobudur tidak hanya memiliki candi saja, namun juga memiliki potensi wisata lain yang membanggakan dari masyarakat Borobudur sendiri.

Pewarta: Heru Suyitno
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2017