Jakarta (ANTARA News) - Presiden Jokowi mudik ke Solo, Obama berarung jeram di sungai Ayung Bali, Polisi buru penyebar isu menara mesjid roboh, 2.000 pasang buku nikah dicuri di Pasaman Barat, hingga Meriam karbit resmi warisan budaya Pontianak menjadi lima berita kemarin layak baca.

1. Presiden Jokowi mudik ke Solo pada hari kedua Lebaran

Jakarta (ANTARA News) - Presiden Joko Widodo bersama Ibu Iriana Joko Widodo mudik ke Solo untuk berlebaran bersama keluarga besar pada hari kedua Lebaran.

Kepala Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden Bey Machmudin dalam keterangan tertulis di Jakarta, Senin, menyebutkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Ibu Iriana bertolak ke Pangkalan TNI AU Adi Soemarmo, Boyolali Jawa Tengah, dari Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma Jakarta, Senin.

Saat tiba di Solo sekitar pukul 12.05 WIB, Presiden dan Ibu Iriana langsung menuju kediaman pribadi yang berada di kawasan Sumber, Surakarta.

Baca selengkapnya di sini.

Baca juga: Jokowi saksikan pembagian paket sembako di kampungnya

2. Obama berarung jeram di sungai Ayung Bali

Mangupura, Bali (ANTARA News) - Mantan Presiden Amerika Serikat Barack Obama memilih berarung jeram atau "rafting" menyusuri Sungai Ayung untuk mengisi liburannya bersama keluarga pada hari keempat di Bali.

Iring-iringan kendaraan yang membawa Obama dan keluarganya tiba di Banjar (Dusun) Dinas Karang Dalem I di Desa Bongkasa Pertiwi di Kecamatan Abiansemal, Kabupaten Badung, sekitar pukul 11.00 Wita, Senin.

Lokasi itu merupakan titik awal atau "starting point" untuk memulai wisata air menantang adrenalin itu.

Selengkapnya di sini.

Baca juga: Rombongan Obama kunjungi objek wisata Jatiluwih

3. Polisi buru penyebar isu menara mesjid roboh

Bandung (ANTARA News) - Kepolisian Sektor Regol, Kota Bandung memastikan isu menara Masjid Raya Bandung Jawa Barat akan roboh merupakan berita bohong dan petugas akan memburu pelaku penyebar isu tersebut.

"Situasi yang tadi itu menyebarkan isu bohong. Kita akan cari pelakunya karena membuat situasi terjadi kepanikan," ujar Kepala Polsek Regol, Komisaris Polisi Yanna Nurhandiana, di Markas Komando Satu Satpol PP Kota Bandung, Senin.

Menurut dia, titik-titik keramaian sering dimanfaatkan oleh para pelaku seperti copet untuk menjalankan aksinya. Ia pun menduga, isu terkait akan runtuhnya menara Mesjid Raya Bandung, merupakan ulah dari pelaku untuk memecah konsentrasi masyarakat.

Baca berita lengkapnya di sini.

4. 2.000 pasang buku nikah dicuri di Pasaman Barat

Simpang Empat, Sumatera Barat (ANTARA News) - Sekitar dua ribu pasang buku nikah di Kantor Kementrian Agama Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat (Sumbar) hilang diambil pencuri ketika libur Lebaran 1438 Hijriah.

"Benar, telah terjadi pencurian di Kemenag Pasaman Barat pada Minggu (25/6) berdasarkan LP/202/VI/2017-Res Pasbar," kata Kepala Polres Pasaman Barat, AKBP Iman Santoso, di Simpang Empat, Senin (26/6).

Baca beritanya di sini.

5. Meriam karbit resmi warisan budaya Pontianak

Pontianak (ANTARA News) - Gubernur Kalimantan Barat, Cornelis, mengatakan, tradisi permainan rakyat meriam karbit saat ini telah resmi menjadi warisan kesenian budaya Melayu Pontianak.

"Setelah mendapat pengakuan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sebagai warisan budaya tak benda, Meriam Karbit yang menjadi salah satu ikon wisata kota Pontianak diharapkan ke kancah internasional," kata Cornelis di Pontianak, Senin.

Berita lengkapnya di sini.

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2017