Tangerang (ANTARA News) - Posko Utama Bandara Soekarno - Hatta Tangerang Banten mencatat, jumlah penumpang sejak H-10 hingga H+2 yakni Senin (26/6) mencapai 2.172.815 orang.

Dewandono Prasetyo Nugroho selaku Branch Communication Manager Kantor Cabang Utama Bandara Internasional Soekarno-Hatta di Tangerang, Selasa, mengatakan jika jumlah penumpang pada tahun ini diperkirakan mencapai 5.011.925 jiwa.

Jumlah tersebut mengalami peningkatan dibandingkan tahun lalu yang tercatat hingga H+15 yakni sebanyak 4.819. 149 jiwa.

Ditambahkannya, lonjakan penumpang di Bandara Soekarno - Hatta terjadi pada H-1 yang mencapai 34 persen jika dibandingkan tahun 2016.

Sementara itu, jumlah extra flight yang telah diterjunkan sejak H-10 hingga H+2 mencapai 524 extra flight

"Pada tahun ini akan ada peningkatan penumpang dibandingkan tahun lalu. Lonjakan terjadi pada H-1 dan akan kembali terjadi saat arus balik mudik lebaran nanti," paparnya.

Pihaknya juga mencatat, ada lima kota tujuan domestik paling banyak dikunjungi yakni

Denpasar, Surabaya, Kualanamu, Makassar dan Yogyakarta. "Ada sekitar 93.525 penumpang terbang ke Denpasar," ujarnya.

Djodi Prasetyo, Deputi Bidang Operasional Bandara Soetta menambahkan, telah menyiapkan segala sesuatunya untuk mengantisipasi terjadinya lonjakan.

Oleh karena itu, penumpang diimbau untuk melakukan persiapan dan mengecek barang bawaan serta datang lebih awal agar mengantisipasi terjadinya antrean panjang.

Pewarta: Achmad Irfan
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2017