Palangka Raya (ANTARA News) - Kalangan masyarakat kota Palangka Raya dan sekitarnya yang sedang berlibur dan menikmati hari Raya Idul Fitri 1438 Hijriyah mengaku merasa aman dan senang melihat polisi berjaga di sejumlah objek wisata.

Kriminalitas memang jarang terjadi di tempat wisata tapi disaat ramai pengunjung seperti sekarang ini bukan tidak mungkin ada oknum tertentu yang ingin berbuat jahat, kata Hendi Rando seorang pengunjung objek wisata Sei Gohong di Palangka Raya, Selasa.

"Kalau ada polisi yang berjaga-jaga tentu akan membuat orang berpikir dua kali untuk melakukan kriminalitas. Jadi sangat senang kita ada polisi. Rasanya aman dan tenang berlibur," kata Hendi yang tinggal di jalan Mahir Mahar Kota Palangka Raya ini.

Sejumlah objek wisata, seperti Sei Gohong, Taman Alam Tangkiling, Bukit Batu, Pal 21 Tjilik Riwut, Nyaru Menteng, wahana bermain Kalawa Water Park dan lainnya ramai dikunjungi masyarakat saat hari besar keagamaan, khususnya Hari Raya Idul Fitri.

Warga Kabupaten Katingan Sandri saat berkunjung ke Taman Alam Tangkiling mengaku tidak hanya di objek wisata banyak polisi berjaga, tapi juga di sejumlah ruas dari Kasongan Kabupaten Katingan hingga Palangka Raya juga banyak polisi berjaga.

"Kita justru mengapresiasi polisi berjaga-jaga di tempat wisata ataupun jalan raya. Kalau merasa tidak nyaman ada polisi berjaga-jaga, saya rasa perlu dipertanyakan. Polisinya juga kan pasti bertindak sesuai aturan. Tidak mungkin sembarangan," kata Sandri.

Sebelumnya di tempat terpisah, Kapolres Palangka Raya AKBP Lili Warli menyebut kendati situasi di kota ini kondusif, namun tidak mau kecolongan para pelaku tindak kejahatan yang ingin membuat situasi menjadi kacau. Bahkan keselamatan anggota juga menjadi tanggung jawab pimpinan selama menjalankan tugasnya di lapangan.

Dia mengatakan personil yang sedang berjaga-jaga di sejumlah lokasi wisata dibantu anggota Brimob yang sudah dilengkapi senjata, guna mengamankan lokasi dalam hal-hal yang berbau kriminal. Diterjunkannya personil Brimob ikut membantu pengamanan tersebut untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan.

"Petugas kita dalam tugasnya sudah tentu mengedepankan mendeteksi dini gangguan kamtibmas dan mengantisipasi terjadinya hal-hal seperti pencurian, perkelahian serta hal lainnya," demikian Lili.

Pewarta: Jaya Wirawana
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2017