Malang (ANTARA News) - Pusat kesehatan masyarakat (Puskesmas) yang ada di wilayah Kota Malang, khususnya yang melayani rawat jalan tetap buka selama 24 jam, meski sedang libur cuti bersama dan Lebaran 2017.

"Puskesmas yang tersebar di lima kecamatan di Kota Malang ini tetap buka, meski dengan sistem penjagaan piket bagi petugas. Namun, untuk Puskesmas yang melayani rawat jalan tetap buka selama 24 jam," kata Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Malang, Jawa Timur, Dr dr Asih Tri Rachmi Nuswantari di Malang, Selasa.

Sedangkan untuk.layanan rawat jalan, lanjutnya, tetap mengikuti jadwal libur cuti bersama dan libur Lebaran 1438 Hijriah yang akan berakhir Minggu (2/7), dan Senin (3/7) sudah masuk kerja seperti biasa. Beberapa Puskesmas di Kota Malang yang melayani rawat jalan, di antaranya adalah Puskesmas Dinoyo, Kedungkandang, Pandanwangi, dan Kendalkerep.

Selain melayani pasien di Puskesmas rawat jalan, kata Asih, petugas Dinkes juga melayani warga di pos-pos jaga Lebaran bersama kepolisian dan petugas gabungan lainnya secara bergiliran. "Ada pembagian piket, sehingga petugas secara bergiliran bisa menikmati libur dan Idul Fitri bersama keluarga," ujarnya.

Selain pegawai di lingkungan Dinkes Kota Malang, pegawai di lingkungan Badan Pelayanan Pajak Daerah (BP2D) Kota Malang juga tetap menjalankan tugasnya seperti hari biasa. Hanya saja, selama cuti bersama dan libur Lebaran ada petugas piket dan sistem kerjanya bergiliran.

"Selama libur Lebaran ini, petugas BP2D juga bergiliran jaga sesuai jadwal piket masing-masing dan mereka juga harus teliti dalam mengawasi (memantau) tempat-tempat usaha wajib pajak untuk membayar kewajibannya, seperti pajak hiburan karena pada saat liburan justru ramai dan pajak restoran," ujar Kepala Bidang Pendataan, Pendaftaran, dan Penetapan BP2D Kota Malang Dwi Cahyo Teguh Y.

Sementara itu, para petugas perdagangan juga diwajibkan patroli (mengawasi) pasar meski masih libur Lebaran, bahkan ada dua unit mobil patroli dinas yang siap siaga. "Seperti petugas publik lainnya, petugas Dinas Perdagangan, termasuk yang bertugas di pasar, juga ada piket," kata Kepala Dinas Perdagangan Kota Malang Wahyu Setianto.

Selain Dinas Kesehatan, BP2D dan Dinas Perdagangan, unit kerja lainnya yang tidak libur dan menggunakan sistem piket adalah Palang Merah Indonesia (PMI), Satpol PP, dan Dinas Perhubungan (Dishub).

Pewarta: Endang Sukarelawati
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2017