Jakarta (ANTARA News) -Kementerian Perhubungan kembali membuka program mudik gratis bagi masyarakat yang hendak kembali ke kota Jakarta setelah merayakan Idul Fitri di kampubg halaman masing-masing.

Kepala Biro Komunikasi Kemenhub J.A. Barata mengatakan dalam keterangan tertulisnya yang diterima Antara di Jakarta, Selasa, bahwa program mudik gratis arus balik dengan moda kapal laut tersebut diperuntukkan bagi masyarakat yang hendak kembali ke ibu kota dengan menggunakan sepeda motor.

Program tersebut bertujuan untuk mengurangi arus kepadatan lalu lintas pengguna sepeda motor, mengurangi angka kecelakaan sepeda motor yang mendominasi di setiap musim lebaran serta mengurangi penggunaan sepeda motor untuk jarak jauh, katanya lebih lanjut.

"Yang paling penting dengan adanya program arus balik - mudik gratis ini adalah memberikan pelayanan mudik yang selamat, aman, lancar dan nyaman bagi para pengguna sepeda motor," jelas Barata.

Ada pun program yang dilaksanakan oleh Ditjen Perhubungan Laut tersebut akan melayani pemudik dengan kendaraan roda dua dari Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang menuju Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta pada tanggal 29 dan 30 Juni serta 2, 4 dan 6 Juli.

Pelayaran yang memakan waktu kurang lebih 14 jam tersebut akan ditempuh dengan menggunakan kapal KM. Mutiara Sentosa III milik PT. Atosim Lampung Pelayaran dan KM. Dobonsolo milik PT. Pelni.

"Pemerintah melalui Kementerian Perhubungan mengimbau para calon pemudik sepeda motor untuk mengurangi atau tidak menggunakan motor untuk perjalanan jarak jauh, manfaatkanlah program Mudik Gratis dari Kementerian Perhubungan," ujar Barata.

Ia pun menjelaskan bahwa pendaftaran program mudik gratis dapat dilakukan secara daring ataupun langsung di lokasi.

Pendaftaran daring sapat dilakukan dengan mengakses alamat http://www.mudikgratis.dephub.co.id, sementara pendaftaran langsung dapat dilakukan dengan mendatangi Konter Registrasi pada hari-hari keberangkatan yang telah disebutkan di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang.

"Persyaratannya harus memiliki KTP, SIM C dan STNK sepeda motor," jelas Barata.

Ada pun total kuota untuk mudik gratis arus balik Kapal KM mutiara Sentosa III adalah 500 sepeda motor dan 1000 penumpang sedangkan untuk kapal KM Dobonsolo adalah 5000 sepeda motor dan 10.000 penumpang.

(T.KR-ARC/A011)

Pewarta: Aria Cindyara
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2017