Pangkalpinang (ANTARA News) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Kota Pangkalpinang, Babel, memprakirakan ketinggian gelombang maksimum di Selat Karimata dapat mencapai 2,5 meter pada Rabu (28/6).

"Ketinggian gelombang maksimum mencapai 2,5 meter dapat terjadi di kawasan perairan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung terutama di Selat Karimata," ujar prakirawan dari Kantor BMKG Stasiun Meteorologi Kelas I Kota Pangkalpinang, Rizki Adzani, Selasa.

Ia mengatakan gelombang maksimum setinggi itu harus diwaspadai karena dapat membahayakan keselamatan pelayaran dan juga aktivitas melaut para nelayan tradisional.

Ketinggian gelombang signifikan di jalur penyeberangan Selat Bangka dan di kawasan utara Pulau Bangka diprakirakan antara 0,25 sampai 0,5 meter, di Selat Gelasa dan selatan Pulau Bangka antara 0,25 sampai 0,75 meter, sementara di Selat Karimata antara 0,5 hingga 1,25 meter.

Ketinggian gelombang maksimum sendiri dapat mencapai dua kali ketinggian gelombang signifikan, sehingga para pengguna jasa angkutan laut dan juga para nelayan diimbau agar senantiasa waspada selama beraktivitas di laut.

Kecepatan angin di perairan dan di jalur-jalur penyeberangan diprakirakan berkisar antara 8 hingga 35 kilometer per jam yang rata-rata bertiup dari Timur Laut ke Tenggara dan dari Timur ke Selatan.

Sementara itu, cuaca di daratan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung sepanjang Rabu diprakirakan cerah berawan dengan potensi hujan ringan dan hujan lokal hampir merata di seluruh wilayah provinsi ini terutama pada pagi dan siang hari.

Kecepatan angin di daratan diprakirakan pada kisaran 20 kilometer per jam dengan suhu 24-32 derajat celsius dan kelembaban udara 60-95 persen.

BMKG Pangkalpinang juga mengimbau masyarakat di kawasan pesisir pantai agar mewaspadai ketinggian pasang air laut maksimum yang diprakirakan dapat mencapai 2,46 meter di Sungailiat Kabupaten Bangka dan 2,33 meter di pesisir pantai Membalong Kabupaten Belitung.

Kemudian di Toboali Kabupaten Bangka Selatan sekitar 1,86 meter, di Muntok Kabupaten Bangka Barat 1,80 meter, di Belinyu Kabupaten Bangka 1,76 meter, di Tanjungpandan Kabupaten Belitung 1,63 meter dan di Kelapa Kampit Kabupaten Belitung Timur 1,73 meter.

(T.KR-DSD/N005)

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2017