Jakarta (ANTARA News) - PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) menambah jumlah unit armada bus yang beroperasi selama musim liburan Lebaran 2017.

"Selain penambahan jumlah bus, kami juga menyiagakan petugas untuk melayani semua penumpang. Kami pastikan layanan tetap optimal," kata Direktur Utama PT Transjakarta Budi Kaliwono di Jakarta, Rabu.

Menurut dia, penambahan unit-unit itu, diantaranya dilakukan di Koridor 1 rute Blok M-Kota, yakni mulai Senin (26/6) hingga Minggu (2/7) akan dioperasikan 45 unit bus. Biasanya, setiap akhir pekan, jumlah bus yang dioperasikan di koridor itu hanya sekitar 35 unit.

Kemudian, pada Koridor 5 rute Kampung Melayu-Ancol, pihaknya mengoperasikan sebanyak 26 unit bus mulai Senin (26/6) hingga Minggu (2/7). Setiap akhir pekan, bus yang dioperasikan di koridor tersebut hanya 19 unit.

Lalu, sambung dia, pada Koridor 6 rute Ragunan-Dukuh Atas, pihaknya mengoperasikan sebanyak 32 unit bus terhitung sejak Senin (26/6) hingga Minggu (2/7). Biasanya, pada akhir pekan, jumlah bus yang dioperasikan hanya 25 unit.

"Penambahan bus pada masa liburan itu bertujuan memenuhi kebutuhan masyarakat akan moda transportasi yang aman, nyaman dan terjangkau, terutama warga yang ingin menuju ke tempat-tempat wisata," ujar Budi.

Selain penambahan unit-unit bus, dia menuturkan pihaknya juga sudah menyiapkan bus-bus cadangan sebagai antisipasi meningkatnya jumlah penumpang yang menuju tempat-tempat wisata selama masa libur Lebaran.

"Tidak hanya ke tempat-tempat wisata, kami juga menyediakan akses bagi masyarakat yang ingin berkunjung ke Jakarta Fair Kemayoran, terhitung mulai 8 Juni sampai 16 Juli 2017 nanti," tutur Budi.

Dia mengungkapkan sejumlah rute yang disediakan, antara lain Monas-Jakarta Fair, PGC-Jakarta Fair, Pulogadung-Jakarta Fair dan Kampung Melayu-Jakarta Fair. Seluruh layanan itu beroperasi mulai pukul 09.00 hingga 23.00 WIB.

Pewarta: Cornea Khairany
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2017