Jakarta (ANTARA News) - Tim nasional bola basket tiga lawan tiga atau 3x3 putra Indonesia akan meningkatkan efisiensi bermain di dua laga terakhirnya di Grup D Kejuaraan Dunia 3X3 U-18 di Chendu, China, melawan Yordania dan Rumania demi meraih hasil positif.

"Kami akan bermain pintar dan efisien meski lawan unggul postur tubuh," ujar pelatih timnas 3X3 Indonesia Rony Gunawan ketika dihubungi dari Jakarta, Rabu.

Pertandingan Indonesia berhadapan dengan Yordania sendiri digelar pada Jumat (30/6) sekitar pukul 12.45 WIB dan setelah itu langsung bertanding kontra Rumania sekitar pukul 14.15 WIB.

Indonesia sendiri sudah kalah dua kali di kejuaraan dunia tersebut, masing-masing dari Belgia dengan skor 11-18 dan Uganda 18-20 dalam laga hari pertama, Rabu (28/6).

Menurut Rony Gunawan, dalam dua laga tersebut sebenarnya tim Indonesia yang diperkuat Muhammad Arighi, Ronald Firdaus, Komang Arya Partha dan Nickson Damara sudah bermain bagus di awal-awal pertandingan.

Namun, kondisi fisik para pemain menurun di akhir laga yang membuat rencana permainan tak berjalan.

"Anak-anak sudah sangat lelah. Apa yang sudah kami rencanakan dalam latihan jadi tidak bisa diterapkan," kata pria yang akrab disapa Rogun itu.

Meski demikian, lanjut pria yang tenar namanya kala masih bermain dengan klub bola basket Satria Muda itu, ada hal positif yang bisa diambil timnya dari dua pertandingan awal di kejuaraan dunia.

"Para pemain jadi tahu kapasitas dan kemampuan mereka seperti apa di skala internasional. Kalau menurut saya, mereka masih jauh sekali dari negara lain," tutur Rony.

Kejuaraan dunia 3x3 U-18 2017 FIBA yang digelar pada 28 Juni-2 Juli 2017 diikuti 20 negara dan Indonesia berada di Grup D bersama Rumania, Belgia, Yordania dan Uganda.

Tim berhak lolos ke babak berikutnya atau delapan besar adalah dua tim terbaik dari Grup A sampai Grup D.

Sebelumnya di Kejuaraan Dunia 3X3 2017 di Nantes, Prancis, pada pertangahan Juni 2017, timnas 3X3 putra Indonesia gagal lolos dari babak grup setelah mencatatkan satu kemenangan (atas Selandia Baru) dan tiga kekalahan (dari Amerika Serikat, Belanda dan Korea Selatan).

Sementara terkait agenda timnas 3X3 selanjutnya, timnas 3X3 putra dan putri Indonesia dijadwalkan berkompetisi dalam Pesta Olahraga Indoor dan Bela Diri Asia di Ashgabat, Turkmenistan yang digelar pada 17-27 September 2017.

(T.M054/T013)

Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2017