Nunukan (ANTARA News) - Tim gabungan berhasil mengevakuasi speedboat dari Kabupaten Bulungan menuju Kota Tarakan, Kalimantan Utara yang dilaporkan kandas.

Kepala Seksi Operasionbal Basarnas Kaltim-Kaltara, Octavianto melalui pesan singkatnya, Rabu membenarkan, mendapatkan laporan sekitar pukul 15.30 wita adanya speedboat mengalami kecelakaan laut di perairan muara Kabupaten Bulungan.

Speedboat yang baru diketahui bernama SB Saderwa Difa kandas sekitar pukul 15.00 wita ditemukan oleh tim gabungan dari Basarnas, KSOP Tarakan, Lantamal XIII, Dinas Perhubungan, Polisi Air, BPBD dan masyarakat.

Posisi speedboat tersebut pada koordinat 03 derajat 070.23" N-117 derajat 2938.66 E atau sekitar 11 nautical mile dari Pelabuhan Tengkayu Kota Tarakan.

"Tim gabungan yang melakukan pencarian setelah mendapatkan laporan berhasil menemukan speedboat (SB Sadewa Difa) satu jam setelah mendapatkan laporan," ujar Octavianto.

Speedboat yang mengalami kandas dengan penumpang sebanyak 25 orang termasuk dua motoris akibat air laut surut pada saat itu. Dievakuasi sekitar pukul 16.55 wita oleh tim gabungan dengan seluruh penumpang selamat.

Sebelum menemukan speedboat tersebut, tim gabungan sempat mengalami kendala karena tidak dapat berkomunikasi dengan motoris melalui sambungan telepon akibat sinyal telekomunukasi yang sangat terbatas.

(T.KR-MRN/T013)

Pewarta: M Rusman
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2017