Jakarta (ANTARA News) - Berita seputar kegiatan Presiden ke-44 Amerika Serikat Barack Obama di Jakarta dan Bogor hingga Indonesia yang sukses menyabet penghargaan di bidang teknologi informasi menjadi sebagian berita yang masih menarik Anda simak hari ini.

Berikut rinciannya:

1. Presiden Jokowi ajak Obama naik mobil golf
Presiden Joko Widodo mengajak Presiden ke-44 Amerika Serikat Barack Obama menaiki mobil golf atau menuju restoran Grand Garden Kafe di Kebun Raya Bogor untuk bersantap bersama.

Barack Obama yang datang tanpa membawa keluarganya ke Bogor itu, disambut oleh Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo serta putranya, Kaesang Pangarep, di Istana Bogor.

Selengkapnya di sini

2. Obama tiba di Jakarta dan Bogor
Tiba di Jakarta pada Jumat (30/6), rombongan Presiden ke-44 Amerika Serikat Barack Obama langsung bergegas berkunjung ke berbagai tempat, kawasan Bogor hingga rumah di kawasan Menteng.

Di Bogor, Presiden Joko Widodo mengajak Obama menaiki mobil golf atau "bogey" menuju restoran Grand Garden Kafe di Kebun Raya Bogor untuk bersantap bersama.

Teh hangat menemani perbincangan akrab antara Presiden Jokowi dan Obama saat hujan turun di Istana Bogor.  

"Jajanan pasarnya onde-onde, talam ubi, kue mangkok, panada cakalang dan lemper ayam. Tapi 10 menit mengobrol di luar, hujan turun sehingga keduanya bergeser ke dalam restoran," kata Kepala Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden, Bey Machmudin.

Saat bersantap, Obama bahkan menghabiskan bakso yang dihindangkan untuknya.

Usai berkunjung ke Bogor, Obama tiba di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, kediaman Eddy Kusnadi Sariaatmadja, pemilik grup bisnis Emtek Grup.
 
Tak hanya wartawan, di antara beberarapa warga, terlihat di antaranya warga asing, juga ikut memvideokan iring-iringan rombongan sembilan mobil itu ketika tiba di kediaman Eddy. Salah satunya Lauren Silvera (20), gadis Jamaika yang menetap tiga bulan di Jakarta.

Selengkapnya di sini

3. Orang tak dikenal tikam dua anggota Brimob
Seorang tak dikenal menyerang dua anggota Brimob usai shalat Isya di Masjid Falatehan kawasan Trunojoyo, Jakarta Selatan, Jumat malam.

Kepala Bagian Penerangan Umum (Kabagpenum) Polri Kombes Martinus Sitompul mengatakan kronologi kejadian itu bermula ketika usai shalat Isya di Masjid Falatehan, tiba-tiba seorang tak dikenal menikam dua anggota Brimob yang posisi shalatnya berada di sebelah pelaku, dengan menggunakan pisau sangkur.

Usai menikam polisi, pelaku sempat mengancam jemaah masjid dengan mengacungkan pisau sangkurnya sambil meneriakkan thagut.


4. Ratusan bayi diare di Kimaam Merauke sejak Senin lalu

Sebanyak 200 bayi dikabarkan terserang penyakit diare di Distrik Kimaam, Kabupaten Merauke, Provinsi Papua.

Kepala Dinas Kesehatan Merauke, dr Adolof Bolang, ketika dikonfirmasi dari Jayapura, Sabtu, menyatakan, "Iya benar kami dapat informasi dari Puskesmas Kimaan, peristiwa itu berlangsung sejak Senin (26/6)."

Menurut dia, ada peningkatan kasus diare di Distrik Kimaam, terutama di Kimaam dan di tiga kampung.

Selengkapnya di sini


5. Indonesia raih Asia Smart App Award Hongkong
Tim pengembang aplikasi ponsel pintar "GaBlind" asal Indonesia meraih penghargaan di bidang teknologi informasi "Asia Smart App Award" dari Hongkong Wireless Technology Industry Association (WTIA).

Anggota tim GaBlind Indonesia yang terdiri atas Arvin Frobenius, Eko Rachmat Slamet dan Jeki Kuswanto menerima penghargaan tersebut dalam resepsi makan malam di Cyberport, Hongkong, Kamis malam waktu setempat (29/6).

Selengkapnya di sini

Penerjemah: Lia Santosa
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2017