... KBRI sebagai salah satu sponsor utama Cowley Road Carnival 2017."
London (ANTARA News) - Pelajar dan mahasiswa Indonesia di Kota Oxford, Kerajaan Inggris, dalam Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) Oxford dan Oxford University Indonesia Society (OXONIS) bekerja sama dengan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) London mempromosikan kebudayaan dan pariwisata Indonesia melalui Cowley Road Carnival 2017,  Minggu.

Ketua PPI Oxford Sandoko Kosen kepada ANTARA News di London mengatakan bahwa bagi pelajar Indonesia di Oxford acara budaya itu menjadi kesempatan berharga dalam memperkenalkan budaya Nusantara kepada komunitas lokal.

Dikatakannya Cowley Road Carnival adalah acara tahunan yang berlangsung sehari penuh di salah satu jalanan utama pusat kota Oxford dan mampu menarik lebih dari 45 ribu pengunjung.

Festival budaya dan kuliner adalah salah satu program menampilkan keberagaman kebudayaan tradisional dan kontemporer yang hidup dengan harmonis di dalam kota Oxford. Oxonian dari berbagai suku bangsa, agama, dan negara mempersembahkan makanan khas, tari-tarian, musik, serta bahu-membahu berdampingan unjuk parade seni dan budaya.

Dalam satu hari itu sekat-sekat kultural seakan melebur, komunitas dengan latarbelakang yang berbeda-beda dipersatukan oleh ikatan humanis, rasa memiliki terhadap kota Oxford, dan, tentu saja sukacita menyambut kedatangan musim panas yang singkat di Inggris.

Tahun ini untuk pertama kalinya Indonesia ikut andil dalam parade kebudayaan yang diikuti tak kurang dari 37 komunitas.

Selain itu, komunitas Indonesia juga mengelar lokakarya interaktif pembuatan batik tulis, stan foto dengan kostum adat tradisional Indonesia, penampilan musik angklung dan tari Baris dari Bali.

Kuliner Indonesia dengan sajian berbagai hidangan khas Nusantara, seperti rendang, sate, nasi campur, siomay, serta yang dari tahun ke tahun selalu populer dan diserbu pengunjung acara tersebut.

Kota Oxford, Inggris tidak hanya terkenal sebagai kota pendidikan dengan kampus tersohornya, University of Oxford.

Dengan jumlah penduduk sekitar 158.000, keberagaman adalah jatidiri Oxford. Lebih dari 35% penduduk Oxford memiliki latar belakang etnis selain Inggris tulen.

Setiap tahunnya Oxonian (sebutan bagi penduduk kota Oxford) merayakan keberagaman tersebut melalui acara Cowley Road Carnival yang tahun ini diadakan pada tanggal 2 Juli .

Komunitas Indonesia terlibat dengan acara Cowley Road Carnival sejak 2013. Keberhasilan yang diraih tahun-tahun sebelumnya, KBRI di London kembali berkomitmen untuk memberikan dukungan penuh terhadap partisipasi komunitas Indonesia di acara Cowley Road Carnival.

"Hal ini dibuktikan dengan keterlibatan KBRI sebagai salah satu sponsor utama Cowley Road Carnival 2017," demikian Sandoko Kosen.

Pewarta: Zeynita Gibbons
Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2017