Moskow (ANTARA News) - Presiden Rusia Vladimir Putin mengadakan pembicaraan dengan para pemimpin Qatar dan Bahrain melalui telepon, dan menekankan perlunya diplomasi untuk mengkahiri perselisihan antara Qatar dan beberapa negara lain Arab, kata Kremlin pada Sabtu (1/7).

Arab Saudi, Mesir, Uni Emirat Arab dan Bahrain memutuskan hubungan dengan Qatar bulan lalu, menuduhnya mendukung terorisme dan membuka keretakan dalam beberapa tahun di antara beberapa negara paling kuat di dunia Arab.

Moskow berusaha mengambil sikap hati-hati dalam pertikaian itu sejak ingin memiliki hubungan baik baik dengan Qatar maupun Arab Saudi.

Rusia mendukung Presiden Bashar al-Assad dalam konflik Suriah yang telah berlangsung enam tahun dan dekat dengan Iran, yang putus hubungan dengan Saudi.

Rusia menjual saham di perusahaan minyak negara Rosneft ke Qatar tahun lalu dan telah mengkoordinasikan pemotongan produksi minyak dengan pihak Saudi sebagai bagian dari perjanjian global untuk mengangkat harga minyak.

Kremlin, yang mengumumkan pembicaraan telepon dengan para pemimpin Qatar dan Bahrain itu dalam dua pernyataan terpisah di lamannya pada Sabtu, tidak mengatakan kapan itu berlangsung.

Kremlin mengklarifikasi bahwa pembicaraan itu terjadi atas inisiatif Qatar dan Bahrain.

"Vladimir Putin menekankan pentingnya usaha-usaha diplomasi politik yang bertujuan untuk mengatasi perbedaan-perbedaan pandangan dan normalisasi situasi sulit itu yang muncul," demikian pernyataan tersebut mengenai pembicaran antara Putin dan Emir Qatar Syeh Tamim bin Hamad al-Thani.

Para pemimpin Rusia dan Qatar juga membahas kerja sama antara negara-negara mereka dalam bidang energi dan investasi.

Putin mengatakan kepada Raja Bahrain Hamad bin Isa al-Khalifa bahwa hendaknya ada dialog langsung antara semua pihak yang bertikai dengan Qatar.

Kremlin mengatakan bulan lalu bahwa Rusia berkepentingan dengan situasi di Teluk yang stabil dan damai, demikian seperti dilansir Reuters. (Uu.M016)

Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2017