Jakarta (ANTARA News) - Sebanyak 2.027 penumpang dengan menggunakan dua kapal tiba di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, pada H+7 Lebaran 2017.

"Penumpang yang tiba di Pelabuhan Tanjung Priok pada hari ini sebanyak 2.027 penumpang. Lebih banyak pada hari sebelumnya," ujar Kepala Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Tanjung Priok I Nyoman Gede Saputra di Jakarta, Senin.

Dia menjelaskan jika pada hari sebelumnya, jumlah penumpang yang turun sebanyak 1.500 penumpang dengan menggunakan satu kapal.

Untuk hari ini, lanjut dia, kapal yang tiba di Pelabuhan Tanjung Priok yakni Kapal Pelni Dobonsolo dan Kapal ASDP Jatra III.

"Program mudik gratis dengan kapal laut, belum diminati masyarakat. Masyarakat cenderung menggunakan motor untuk mudik," kata dia.

Hal tersebut bisa dibuktikan, dengan keberangkatan pemudik dengan menggunakan kapal hanya sepertiga dari kapasitas angkut .

Dia menjelaskan untuk tahun ini, jumlah penumpang yang tiba di Pelabuhan Tanjung Priok cenderung turun dibandingkan tahun sebelumnya.

Data Posko Angkutan Lebaran 2017 Kementerian Perhubungan, untuk Pelabuhan Tanjung Priok pada H+5 Lebaran 2017 tiba sebanyak 4.154 orang atau meningkat 29,97 persen dari periode sama Lebaran 2016, yaitu 3.196 orang.

(T.I025/Y008)

Pewarta: Indriani
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2017