Jakarta (ANTARA News) - Tim nasional bola basket putra Indonesia akan melakoni pemusatan latihan di Lithuania pada 15-30 Juli 2017 sebagai persiapan menuju SEA Games 2017 Malaysia, kata manajer timnas putra Suhadi.

"Satlak Prima sudah menyetujui untuk TC ke Lithuania. Saat ini kami sedang mengurus proses pencairan dananya karena itu penting," ujarnya di Jakarta, Selasa.

Dia mengatakan 12 pemain akan diikutsertakan ke Lithuania. Pemain-pemain itu, kemungkinan besar diambil dari 14 nama yang sudah menjalani TC di Amerika Serikat, pada Juni 2017.

Saat ini, timnas asuhan pelatih Wahyu Widayat Jati sedang menjalani TC di Batam yang dijadwalkan berlangsung pada 3-15 Juli 2017.

"Ada 15 pemain yang ikut TC di Batam, termasuk Mei Joni yang kini menjadi mitra latihan," kata Suhadi.

Mei Joni, shooting guard klub Liga Bola Basket Indonesia Hangtuah Sumsel, sebelumnya tidak dibawa ke AS karena tim kekurangan donatur yang bisa membiayainya.

Adapun 14 nama lain yang terlibat dalam TC di Batam, adalah Arki Dikania Wisnu, Hardianus Lakudu, Christian Ronaldo Sitepu, Kevin Yonas Siturus, Vamiga Michel, Mario Wuysang, Sandy Febriansyakh, Firman Dwi Nugroho, Andakara Prastawa Dhyaksa, Abraham Damar Grahita, Ebrahim Enguio Lopez, Vincent Kosasih, Diftha Pratama dan Ferdinand Damanik.

Terkait dengan hasil TC di Los Angeles, AS, yang digelar 12-23 Juni 2017, Suhadi menyebut hasilnya signifikan, baik terkait kemampuan individu maupun fisik.

"Yang paling penting kami harus belajar bagaimana berlatih dengan cara dan pola yang diterapkan di AS. Ini akan diterapkan dalam latihan di Batam," tutur Suhadi.

(T.M054/M029)

Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2017