London (ANTARA News) - Penyerang Lyon Alexandre Lacazette dilaporkan oleh media-media Inggris tengah menjalani pemeriksaan medis di Arsenal pada Selasa, dengan peluang kepindahan senilai 44 juta pound.

Kesepakatan ini semestinya dapat diselesaikan sebelum pasukan Arsene Wenger terbang ke Australia pada Minggu dan akan menjadi rekor transfer klub, melampaui biaya 42,5 juta pound yang dibayarkan Arsenal kepada Real Madrid untuk mendatangkan Mesut Ozil pada 2013.

Kedatangan Lacazette merupakan kepingan signifikan pertama Wenger dalam bursa transfer dan mengikuti dengan janji dari ketua eksekutif Ivan Lazidis pekan lalu, yang mengatakan bahwa rekrutan-rekrutan "papan atas" akan didatangkan pada musim panas ini.

Arsenal kini kelihatannya telah mengakhiri ketertarikan mereka terhadap penyerang AS Monaco Kylian Mbappe. Perekrutan Lacazette dapat berarti kepergian dari Arsenal bagi pemain internasional Prancis lainnya, Olivier Giroud, yang kesulitan mengamankan tempat di tim inti musim lalu.

Bagi Lacazette (26), kepindahan ke London mewakili kepulangan ke tempat di mana ia memulai karier profesionalnya tujuh tahun silam, bermain untuk Lyon melawan Celtic pada pertandingan Piala Emirates.

Sejak itu ia telah berkembang menjadi salah satu penyerang paling tajam di Eropa, mencetak 129 gol dari 275 pertandingan untuk klub kota kelahirannya.

Memulai kariernya sebagai pemain sayap, Lacazette telah mencetak setidaknya 22 gol pada setiap musim sejak dikonversi menjadi penyerang pada 2013 dan pada musim lalu ia mengemas 37 gol dari 45 pertandingan. Catatan 28 golnya di Liga Prancis hanya dapat diungguli koleksi 35 gol Edinson Cavani untuk Paris St Germain.

Lacazette, yang telah 11 kali memperkuat timnas Prancis, menghabiskan kariernya dengan bermain di bawah dua anak didik Wenger: Claude Puel, yang dilatih Wenger di AS Monaco, dan Remi Garde, yang dilatih Wenger di Arsenal.

Lacazette merupakan rekrutan kedua Arsenal pada musim panas ini setelah bek kiri Schalke Sead Kolasinac, yang didatangkan dengan status "free transfer" dan telah berlatih dengan rekan-rekan setimnya yang baru di Kompleks Colney London pada Selasa.

Juara Piala FA Arsenal akan bermain melawan juara liga Chelsea di Community Shield, pertandingan tradisional pembuka musim baru, pada 6 Agustus, demikian Reuters.

(H-RF/I015) 

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2017