Mulai hari ini saya memikul tanggungjawab melayani seluruh rakyat Aceh, amanah yang dipercayakan kepada saya ini adalah tugas maha berat dan sangat membutuhkan dukungan dari seluruh elemen masyarakat Aceh dan juga Pemerintah Pusat."
Banda Aceh (ANTARA News) - Gubernur Aceh Irwandi Yusuf menyatakan dirinya siap menjadi pelayan bagi seluruh masyarakat di provinsi ujung paling barat Indonesia itu usai dilantik sebagai orang nomor satu seprovinsi.

"Mulai hari ini saya memikul tanggungjawab melayani seluruh rakyat Aceh, amanah yang dipercayakan kepada saya ini adalah tugas maha berat dan sangat membutuhkan dukungan dari seluruh elemen masyarakat Aceh dan juga Pemerintah Pusat," kata Irwandi di Banda Aceh, Rabu.

Pernyataan itu disampaikannya di sela-sela rapat Paripurna Istimewa DPRA dengan agenda pengambilan sumpah jabatan dan pelantikan Gubernur dan Wakil Gubenur Aceh yang berlangsung di Gedung Utama DPR Aceh dan dipimpin langsung Ketua DPRA, Muharuddin.

Ia menegaskan sejak dirinya dilantik bersama Wakil Gubernur, Nova Iriansyah oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo di hadapan Mahkamah Syariah untuk mengemban amanah sebagai pemimpin Aceh, ia siap menjadi pelayan bagi seluruh rakyat.

(Baca: Mendagri lantik Irwandi-Nova sebagai gubernur-wakil gubernur Aceh)

"Sekali lagi seluruh rakyat Aceh, dalam makna keseluruhan dan bukan sebagian, yang berarti adalah kewajiban bagi saya melayani tanpa mendahulukan kepentingan pribadi, keluarga, kelompok, atau golongan," katanya.

Menurut dia semua kita paham bahwa proses pilkada yang sangat kompetitif dan dinamis, sentimental dan emosional, telah membelah sebagian masyarakat kita dalam kelompok- kelompok.

"Sejak hari ini semua itu sudah berakhir, maka berhentilah saling menjelek-jelekkan, saling menepuk dada, saling menjatuhkan dan semua perangai buruk yang hanya merusak persatuan kita masyarakat Aceh," katanya.

(Baca juga: Irwandi: masyarakat yang tidak dapat undangan jangan marah)

Ia mengatakan hari ini semua kita adalah Aceh, yang hidup dari tanah dan air yang sama, yang saling membagi mimpi dan harapan yang sama, menuju masyarakat Aceh yang maju, adil, beradab dan sejahtera.

Irwandi juga turut menyampaikan terima kasih kepada rakyat Aceh yang telah memberi kepercayaan kembali kepada dirinya bersama Nova Iriansyah untuk memimpin Aceh untuk lima tahun mendatang.

"Saya haqul yakin bahwa bersama-sama kita akan membuat Aceh yang lebih baik, lebih sejahtera, lebih adil, lebih bermartabat, dengan cahaya Islam yang memberi rahmat bagi semuanya," katanya.

Irwandi mengajak seluruh masyarakat di provinsi berpenduduk sekitar lima juta jiwa itu untuk mendukung pemerintah yang dipimpinya bersama Wakil Gubernur Nova Iriansyah untuk lima tahun mendatang.

"Tolong dukung pemerintahan saya. Taati sejauh kami masih dalam jalan yang benar. Cegah dan nasihati kalau kami keluar dari garis (kebenaran). Dengan bersama saya yakin kita bisa menciptakan Aceh yang hebat," demikian Irwandi Yusuf.

Pewarta: Muhammad Ifdhal
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2017