Banda Aceh (ANTARA News) - Gubernur Aceh Irwandi Yusuf menyampaikan ucapan terima kasih kepada Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara yang telah menghadiri pengambilan sumpah jabatan dan pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur Aceh periode 2017-2022.

"Ucapan terima kasih kami kepada Bapak Presiden Jokowi yang telah menghadiri langsung pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur Aceh periode 2017-2022," kata Irwandi Yusuf di Banda Aceh, Rabu.

Pernyataan itu disampaikannya di sela-sela rapat Paripurna Istimewa DPRA dengan agenda pengambilan sumpah jabatan dan pelantikan Gubernur dan Wakil Gubenur Aceh yang berlangsung di Gedung Utama DPR Aceh, Banda Aceh.

Ia menjelaskan kehadiran Presiden ke Aceh pada hari pelantikan dirinya sebagai orang nomor satu di provinsi ujung paling barat Indonesia itu telah memberi warna khusus dan menjadi sebuah penghormatan kepada rakyat Aceh.

"Baru kali ini hal tersebut dilakukan yakni Presiden hadir saat pelantikan kepala daerah dan ini tidak ada di daerah lain. Aceh menjadi sesuatu dalam hatinya," kata Irwandi.

Presiden Joko Widodo beserta Ibu Negara Iriana Jokowi memberikan ucapan selamat kepada Irwandi Yusuf-Nova Iriansyah yang baru diambil sumpah jabatan dan dilantik sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Aceh periode 2017-2022 di gedung utama DPRA, Banda Aceh, Rabu.

Presiden Jokowi bersama Ibu negara Iriana Jokowi tiba di Gedung DPR Aceh sekitar pukul 10.35 Wib dan disambut Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo, Gubernur Aceh, Irwandi Yusuf dan Wakil Gubernur Nova Iriansyah, Ketua DPRA Muharuddin, Ketua MPR Zulkifli Hasan, mantan gubernur dan wakil gubernur Zaini Abdullah dan Muzakir Manaf.

Setelah memberikan ucapan selamat kepada Irwandi Yusuf dan Nova Iriansyah, Presiden Jokowi beserta Ibu Negara langsung meninggalkan ruang utama pelaksanaan Rapat Paripurna Istimewa DPRA pengambilan sumpah jabatan dan pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur Aceh periode 2017-2022.

Usai dari DPRA, Presiden dan Ibu Iriana bersama rombongan menuju Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda, Blang Bintang, Aceh Besar untuk melanjutkan penerbangan menuju Ankara, Turki pada pukul 11.20 WIB.

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo atas nama Presiden Republik Indonesia melantik pasangan Irwandi Yusuf-Nova Iriansyah sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Aceh periode 2017-2022.

Pengambilan sumpah jabatan dan pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur Aceh di hadapan Mahkamah Syariah dan berlangsung dalam rapat paripurna istimewa DPR Aceh di gedung utama DPRA, Banda Aceh, Rabu.

Rapat paripurna Istimewa DPRA dengan agenda Pengambilan sumpah dan pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur Aceh masa jabatan 2017-2022 dipimpin langsung oleh Ketua DPRA, Muharuddin.

Dalam kegiatan tersebut turut hadir diantara Ketua MPR, Zulkifli Hasan, Wali Nanggroe, Malik Mahmud, mantan gubernur dan wakil gubernur Aceh, Zaini Abdullah-Muzakir Manaf, unsur Fokopimda, Pimpinan DPRA, Anggota DPR dan tamu undangan.

Pasangan Irwandi Yusuf dan Nova Iriansyah terpilih sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Aceh periode 2017-2022, setelah meraih suara terbanyak pada Pilkada 15 Februari 2017.

Dalam Pilkada 2017 itu, pasangan tersebut diusung Partai Demokrat, Partai Nasional Aceh, Partai Damai Aceh, Partai Kebangkitan Bangsa dan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP).

Irwandi Yusuf sebelumnya pernah menjabat sebagai Gubernur Aceh periode 2007-2012. Sedangkan Nova Iriansyah sebelumnya juga pernah menjabat sebagai anggota DPR RI periode 2009-2014 daerah pemilihan Aceh.

Pewarta: Muhammad Ifdhal
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2017