Jayapura (ANTARA News) - Tim SAR gabungan dengan menggunakan kendaraan roda empat saat ini menuju lokasi yang diduga tempat jatuhnya pesawat philatus milik AMA dari Wamena.

Tim SAR darat sudah bergerak sejak pukul 05.30 WIT dengan membawa berbagai perlengkapan, kata Kepala SAR Jayapura Melkianus Kota kepada Antara di Jayapura, Kamis.

Dikatakan, dari laporan yang diterima lokasi jatuhnya pesawat AMA berada di ketinggian, yakni di tebing, sehingga rencana evakuasi para korban masih menunggu informasi dari tim darat.

Apalagi saat ini jarak pandang di Bandara Wamena hanya satu kilometer sehingga pesawat yng disiapkan tidak dapat diterbangkan.

Sedangkan tim darat, kata Melki, panggilan akrab Melkianus, hanya akan menggunakan kendaraan sepanjang sekitar 15 km kemudian dilanjutkan dengan jalan kaki.

"Tim dari Jayapura juga belum dapat diterbangkan ke Wamena, menunggu jarak pandang yang diijinkan untuk penerbangan," kata Melki.

Pesawat milik AMA dengan nomor penerbangan PK-RCX mengangkut tujuh orang termasuk dua kru, yakni pilot Mouder Wauters dan co pilot Ido Naibaho, mengalami musibah dalam penerbangan dari Wamena menuju Derekme. Tiga penumpang pesawat nahas itu adalah Don, Serabut dan Ondomget.

(Baca juga: Pesawat Pilatus milik AMA dikabarkan hilang kontak dari Wamena-Derakma)

(T.E006/M026)

Pewarta: Evarukdijati
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2017