Brussels, Belgia (ANTARA News) - Negara-negara anggota NATO akan mengadakan satu putaran perundingan resmi lainnya dengan Rusia pekan depan menurut seorang pejabat aliansi pada Kamis (6/7), sementara hubungan masih tegang akibat konflik di Ukraina.

"Pertemuan Dewan NATO-Rusia (NATO-Russia Council/NRC) di tingkat duta besar akan berlangsung pada 13 Juli di Markas Besar NATO di Brussels," kata seorang pejabat yang dikutip kantor berita AFP.

Pejabat tersebut menolak untuk memberikan rincian informasi mengenai apa yang mungkin akan dibahas 28 duta besar negara anggota dan timpalan mereka dari Rusia.

NRC bertemu secara teratur hingga krisis Ukraina menyebabkan kebekuan hubungan dengan Moskow pada 2014. Namun, mereka kembali mengadakan pertemuan tahun lalu setelah perdebatan selama berbulan-bulan di kalangan sekutu mengenai apakah pertemuan akan mengirimkan sinyal yang salah kepada Moskow.

Sejak itu, NRC sudah empat kali mengadakan pertemuan, yang terakhir pada Maret, saat para duta besar membahas situasi di Ukraina, di mana Rusia mencaplok Krimea pada 2014 dan terus mendukung pemberontak pro-Moskow di wilayah timur.

Mereka juga membahas langkah-langkah untuk menghindari kemungkinan kesalahpahaman setelah peningkatan aktivitas militer di kedua pihak yang didorong oleh dampak krisis Ukraina.

NATO pimpinan Amerika Serikat menangguhkan semua kerja sama praktis dengan Rusia karena keterlibatannya di Ukraina, namun tetap membuka jalur komunikasi politik.(mr)



Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2017