Kami akan menegaskan kepadanya betapa pentingnya memimpin gerakan mengatasi perubahan iklim ..."
Berlin (ANTARA News) - Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau menegaskan kepada sebuah surat kabar Jerman edisi Jumat bahwa para pemimpin anggota Kelompok 20 Negara (Group 20 atau G20) akan menekan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump untuk aktif memimpin gerakan mengatasi perubahan iklim.

"Kami akan menegaskan kepadanya betapa pentingnya memimpin gerakan mengatasi perubahan iklim sekaligus menciptakan lapangan kerja," kata Trudeau kepada surat kabar Bild.

Ia menambahkan bahwa sudah tidak ada keraguan lagi akan adanya perubahan iklim, sehingga Trump harus mengetahui secara pasti posisinya di tengah Pertemuan Puncak G20 yang notabene peserta lainnya adalah pemimpin negara penandatangan Kesepakatan Paris 2015 mengenai perubahan iklim.

Sementara itu, Presiden Trump pada awal Juni 2017 menyatakan AS menarik diri dari Kesepakatan Perubahan Iklim yang telah dibahas di Paris, Prancis, pada akhir 2015. Dengan kata lain, Trump mencabut kebijakan yang sudah ditandatangani Presiden AS pendahulunya, Barack Obama.

(Baca juga: Kontroversi setelah Trump mundur dari kesepakatan iklim)

Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2017