Jakarta (ANTARA News) - Pemain legendaris klub sepak bola Jerman FC Bayern Muenchen, Giovane Elber meminta klub-klub di Indonesia tidak ragu memberikan kesempatan bermain kepada pemain muda agar mereka dapat mengembangkan diri.

"Buka pintu sebesar-besarnya bagi pemain muda, termasuk biarkan mereka berlatih dengan tim-tim besar Eropa jika ada kesempatan," ujar Elber dalam perbincangan di sela kunjungannya di Jakarta, Sabtu.

Menurut pria yang kini berusia 44 tahun tersebut, kebijakan itu akan semakin membuka peluang pemain Indonesia untuk bermain di liga-liga top Eropa, seperti Bundesliga Jerman.

Cara serupa, lanjutnya, diterapkan oleh negara-negara seperti Jepang dan Korea Selatan yang rutin menempatkan para pesepak bolanya di Liga Jerman.

Sebut saja Son Heung-min, pesepak bola Korea Selatan yang sudah hijrah ke Bundesliga membela klub Hamburger SV saat berusia belasan tahun, berlanjut ke Bayern Leverkusen di usia ke-21 tahun dan saat ini menjelma menjadi pemain andalan tim papan atas Liga Utama Inggris, Tottenham Hotspur. 


Selain Son, ada pula nama-nama pemain dari Negeri Ginseng lain seperti Ji Dong-won dan Koo Ja-cheol, yang juga mengembangkan potensinya di Bundesliga.

Kemudian dari Jepang terdapat sosok seperti Shinji Kagawa, Atsuto Uchida, Yoshinori Muto dan Shinji Okazaki yang besar bersama klub-klub Jerman. 

"Selain membuka kesempatan kepada pemain muda untuk mengembangkan potensi, negara seperti Jepang dan Korea Selatan juga memiliki kompetisi usia muda berjenjang yang baik di kelompok-kelompok umur," pungkasnya.

Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Gilang Galiartha
Copyright © ANTARA 2017