Dana yang dihimpun dari acara Diplomasi Solidaritas nantinya akan disalurkan ke sejumlah yayasan yang bergerak di bidang pendidikan anak...
Jakarta (ANTARA News) - Kedutaan Besar Prancis bekerja sama dengan pusat Kebudayaan IFI (Institute Francais Indonesia) menggelar acara penggalangan dana "Diplomasi Solidaritas" untuk mendukung sektor pendidikan anak Indonesia di Jakarta, Minggu.

Duta Besar Prancis untuk Indonesia dan Timor Leste Jean-Charles Berthonnet mengatakan acara penggalangan dana dilakukan untuk membantu pengembangan pendidikan bagi generasi muda Indonesia.

"Diplomasi Solidaritas digelar untuk mendukung komunitas yang bergerak di bidang pendidikan bagi generasi muda. Bentuk dukungan tersebut diwujudkan melalui kesenian dan olahraga yang di dalamnya mengandung nilai-nilai toleransi, kesetaraan, solidaritas dan rasa saling menghormati," kata Berthonnet di Jakarta, Minggu.

"Dana yang dihimpun dari acara Diplomasi Solidaritas nantinya akan disalurkan ke sejumlah yayasan yang bergerak di bidang pendidikan anak, di antaranya Yayasan Bintang Kidul, Yayasan Musik Sastra Indonesia (YMSI), LP4Y-Atmabrata, dan Pour les Enfants de la Rue (PER)," kata Atase Pers Kedubes Prancis untuk Indonesia, Dwi Setyowati di Jakarta, Minggu.

Acara penggalangan dana dibantu oleh toko alat olahraga Decathlon melalui penjualan sejumlah perlengkapan kebugaran seperti raket tenis, handuk mikrofiber, dan alat lainnya.

Selain perlengkapan olahraga, donasi juga dihimpun dari penjualan sejumlah buku berbahasa Prancis dan Indonesia.

"Acara Diplomasi Solidaritas yang bertepatan dengan kegiatan bebas kendaraan bermotor (Car Free Day), Minggu ini dimeriahkan dengan ragam kegiatan olahraga seperti basket, badminton, dan tenis meja, juga pertunjukan dari teater boneka raksasa asal Prancis, Les Grandes Personnes yang berpawai di sekitar jalan Thamrin-Sudirman," tambah Dwi.

Sebanyak empat boneka raksasa dari kelompok teater asal Prancis Les Grandes Personnes terlihat berpawai dan menari bersama warga Jakarta yang tengah berolahraga dalam kegiatan "Car Free Day".

"Buat warga Jakarta yang belum puas menari dan berfoto bersama boneka raksasa, Les Grandes Personnes akan kembali tampil di Museum Keramik 13 Juli nanti," kata seorang panitia acara, Maya di halaman depan IFI, Minggu.

Selepas pertunjukan boneka raksasa, pengunjung juga akan dihibur dengan pertunjukan seni dan pemutaran film yang digelar dalam auditorium Pusat Kebudayaan Prancis di Jakarta.

"Acara penggalangan dana Diplomatie Solidaire ini baru pertama dijalankan dan kami berharap dapat diselenggarakan rutin tiap tahun," kata Dwi kepada Antara saat ditemui di kantor IFI, Jakarta, Minggu.

Pewarta: Genta Tenri Mawangi
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2017