Jakarta (ANTARA News) - Shania Sree Maharani tidak bisa menutupi rasa bahagianya. Senyum bahagia tak henti-hentinya terpancar dari wajah gadis berusia 19 tahun itu, setelah ia dinobatkan sebagai Miss Jakarta Fair 2017. Gelaran malam Grand Final Miss Jakarta Fair 2017 pun sukses digelar dengan meriah di area Panggung Utama, Jumat (7/7).

Malam itu, kesepuluh finalis Miss Jakarta Fair 2017 kembali mempertontonkan kemampuan terbaiknya di hadapan para juri dan seluruh pengunjung Jakarta Fair. Beberapa rangkaian kegiatan yang mereka lakukan pada malam Grand Final diantaranya seperti parade catwalk dan sesi tanya jawab. Acara ini pun semakin meriah dengan menampilkan grup vokal papan atas Indonesia, 5 Romeo.

Dengan balutan busana kebaya, parade catwalk kesepuluh finalis Miss Jakarta Fair 2017 pun terbukti mampu mencuri ribuan pasang mata yang hadir. Satu per satu finalis berjalan dari ujung panggung ke ujung panggung lainnya dengan piawai. Berbekal pengalaman yang telah mereka dapatkan selama rangkaian Miss Jakarta Fair berlangsung, membuat penampilan mereka semakin anggun dan mempesona di malam Grand Final.

Acara pun dilanjutkan dengan memasuki sesi tanya jawab. Kesepuluh finalis diharuskan menjawab pertanyaan secara acak yang telah disiapkan oleh para dewan juri dengan durasi waktu selama 60 detik. Adapun pertanyaan-pertanyaan yang diberikan merupakan seputar pengetahuan mereka tentang Jakarta Fair Kemayoran. Jawaban dari para finalis inilah yang menjadi salah satu faktor penentu untuk dapat mengukur layak tidaknya finalis tersebut menjadi Miss Jakarta Fair.

Shania yang berhasil menjadi Miss Jakarta Fair 2017, pada malam itu pun mendapatkan pertanyaan yang berkaitan dengan emansipasi wanita. Dirinya pun berhasil menjawab pertanyaan tersebut dengan baik dengan mengatakan bahwa emansipasi adalah tentang menghargai satu sama lainnya dan menjunjung tinggi sikap toleransi.

Tak hanya Shania, sejumlah finalis lain nyatanya berhasil untuk menjawab pertanyaan acak tersebut dengan baik.

Sebelum memasuki sesi pengumuman para pemenang, kesepuluh finalis ini pun kembali melakukan parade catwalk dengan tetap menggunakan balutan kebaya yang mewah. Sesuai dengan tema Miss Jakarta Fair yang diusung pada tahun ini, balutan kebaya ini coba merepresentasikan tema ‘Beyond Indonesia Beauty’.

Penobatan gelar Miss Jakarta Fair 2017 pun dilakukan langsung oleh Miss Jakarta Fair tahun lalu, yaitu Cecilia. Dirinya pun menyerahkan secara langsung mahkota yang merupakan simbol Miss Jakarta Fair kepada kontestan terbaik pada malam itu, Shania Sree Maharani.

Sementara itu, keempat kontestan lainnya yang berhasil keluar sebagai pemenang adalah Btari Sekar Ayu untuk gelar Miss Rambut Terindah, Zefanya Nadine untuk gelar Miss Favorite, Kezia Nelly Whihelmina untuk gelar Miss Seni Budaya, dan Nur Khotimah untuk gelar Miss Event International.

Acara pun diakhiri dengan penyerahan hadiah secara simbolik yang diberikan oleh para juri kepada kelima pemenang gelaran Miss Jakarta Fair. Acara ini pun dilanjutkan dengan penampilan dari 5 Romeo hingga berakhirnya acara.

Ralph Scheunemann, Direktur Marketing PT. JIExpo, yang sekaligus menjadi juri dalam Miss Jakarta Fair 2017 pun mengaku adanya persaingan ketat antara para kontestan tahun ini. Meski begitu, dirinya pun mengakui cukup puas dengan penampilan yang ditunjukkan oleh para kontestan malam ini.

“(Persaingan) sangat ketat dan penilaian untuk Miss Jakarta Fair dipastikan telah berjalan secara adil,” tutur Ralph.

Melalui kontes Miss Jakarta Fair yang diselenggarakan dari tahun ke tahun, Ralph pun berharap bahwa para kontestan bisa mengembangkan potensi dirinya melalui rangkaian kegiatan ini. Para kontestan pun diharapkan bisa mendapat pengalaman berharga yang bisa digunakan di ajang-ajang yang lebih besar.

Pewarta: Sella Panduarsa Gareta
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2017