Chamber, Prancis (ANTARA News) - Favorit juara Tour de France, Richie Porte, harus mengakhiri lomba setelah pebalap Australia ini mengalami tabrakan hebat di sebuah turunan pada etape kesembilan lomba legendaris ini, Minggu waktu setempat.

Pebalap tim BMC Racing ini menabrak cadas di sisi kanannya sehingga harus dirawat paramedis yang membawa dia masuk ambulans dengan tandu.

Dokter tim Max Testa menyatakan Porte menderita patah tulang selangkang dan panggul.

"Biasanya patah selangka dan panggul membutuhkan waktu enam pekan untuk pulih," kata Testa. "Jika segalanya berjalan sesuai rencana, Richie bisa kembali bersepeda awal Agustus dan perlahan bugar kembali sejak itu. Berdasarkan kepulihan Richie, kami akan mereevaluasi programnya untuk sisa musim di bawah konsultasi dengan manajemen Tim BMC Racing."

Sebelumnya, Geraint Thomas dari Tim Sky juga tabrakan dalam lomba ini. "Saya menyaksikan dia, dia kesakitan," kata direktur olah raga Porte, Fabio Baldato.  "Dia sadar. Dia sempat meminta helm dan kacamatanya."

Baldato menambahkan bahwa Porte telah empat kali mengayuh di turunan sebelum Tour de France, termasuk sekali dalam kondisi balapan Criterium du Dauphine bulan lalu, demikian Reuters.

 

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2017