... mudik Lebaran 2017 jauh lebih baik dibanding tahun-tahun sebelumnya."
Jakarta (ANTARA News) - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno mengapresiasi perusahaan milik negara yang berperan aktif mendukung dan menyiapkan secara baik pelaksanaan program nasional mudik Lebaran 2017.

"Atas dukungan jajaran BUMN transportasi baik darat, laut dan udara, jalan tol, telekomunikasi, hingga asuransi, pelaksanaan mudik Lebaran 2017 jauh lebih baik dibanding tahun-tahun sebelumnya," katanya dalam halalbihalal dengan para Direktur Utama dan Komisaris Utama BUMN di Toko Merah, Kota Tua, Jakarta, Rabu.

Menurut Rini, apresiasi itu sejalan dengan kerja keras BUMN selama Ramadhan hingga Lebaran menggelar serangkaian kegiatan positif baik berupa kajian, buka puasa bersama, bakti sosial, dan kegiatan-kegiatan konstruktif lainnya dengan tetap menjaga asas kebhinekaan.

Melalui program mudik gratis oleh BUMN, jumlah penumpang mudik gratis pada 2017 meningkat 29 persen menjadi 118.000 penumpang, dengan menggunakan 1.920 bus, 85 gerbong kereta api,18 kapal, 24 pesawat yang diangkut ke 84 kota tujuan seluruh Indonesia.

BUMN juga menginisiasi pembagian 200.000 bingkisan secara serentak di 100 masjid yang tersebar di wilayah Jabodetabek dan 200.000 bingkisan tersebar di wilayah Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Sumatera Utara, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, dan Batam.

"BUMN selalu berupaya untuk hadir di tengah-tengah publik. Dengan tagline BUMN Hadir Untuk Negeri, maka BUMN bersinergi untuk memberikan dukungan dan persiapan khusus dalam operasional Lebaran tahun 2017 sehingga pelaksanaan mudik jauh lebih baik dari tahun 2016," ujarnya.

Rini juga menjelaskan bahwa dalam jangka panjang, BUMN terus bergerak mewujudkan visi Indonesia sebagai Poros Maritim Dunia dengan meningkatkan kapasitas pelabuhan-pelabuhan, khususnya di Indonesia Bagian Timur.

Selain itu, ia menyatakan, konektivitas udara juga terus ditingkatkan melalui pengembangan bandar udara, sedangkan konektivitas darat didorong melalui pembangunan transportasi massal light rapid transit (LRT), kereta cepat dan pembangunan ruas jalan tol.

BUMN perumahan juga akan terus mendukung realisasi program pembangunan sejuta rumah, ujarnya.

Pada tahun 2017, menurut dia, ditargetkan sebanyak 842.000 rumah, di mana 84 persen di antaranya merupakan kontribusi BUMN.

BUMN juga terlibat aktif dalam mewujudkan keadilan sosial melalui Kebijakan Satu Harga yang dicanangkan Pemerintah untuk BBM, semen, beras, gula dan minyak goreng.

Selain itu, dikemukakannya, Program Menerangi Nusantara dari PLN melalui pembangunan pembangkit listrik 35.000 MW, jaringan komunikasi serta infrastruktur digital Indonesia juga menjadi tantangan bagi PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Persero).

Dalam mendorong ekonomi kerakyatan, ia menekankan BUMN juga akan terus berpartisipasi aktif melalui penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) oleh Bank HIMBARA (Himpunan Bank Negara), pendistribusian kartu tani, dan pembinaan nasabah Mekar oleh PT Permodalan Nasional Madani (PNM) Persero.

Semangat sinergi dan kolaborasi antar-seluruh pemangku kepentingan, baik komisaris dan direksi, agar memahami tugas dan wewenangnya secara baik, serta harus menjalankan peran dan fungsinya sesuai peraturan perundangan, demikian Rini Soemarno.

Pewarta: Royke Sinaga
Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2017