London (ANTARA News) - Menteri luar negeri RI Retno LP Marsudi meresmikan peluncuran pelayanan kekonsuleran online KBRI London dalam upaya memberikan pelayanan yang berkualitas prima, efektif dan efisien di KBRI London, Kamis.

Peresmian peluncuran pelayanan kekonsuleran online diawali dengan sambutan Duta Besar RI London, Dr Rizal Sukma yang menyampaikan pelayanan kekonsuleran secara online untuk memudahkan pelayanan baik kepada warga Indonesia yang tinggal di Inggris maupun kepada masyarakat Inggris secara umum, demikian Minister Counsellor KBRI London, Thomas Siregar kepada Antara London, Kamis.

Dubes Rizal Sukma berharap pelayanan kekonsuleran pada KBRI London dapat semakin optimal.

Menteri Luar Negeri RI, Retno LP Marsudi menyampaikan apresiasi atas upaya yang dilakukan KBRI London dalam meningkatkan pelayanan kekonsuleran. Inovasi ini merupakan refleksi dari komitmen Pemerintah RI untuk terus meningkatkan dan mengoptimalkan upaya-upaya perlindungan dan pelayanan WNI, ujarnya.

Upaya ini sejalan dengan upaya yang tengah dilakukan Kementerian Luar Negeri RI dalam merancang template pelayanan online yang dapat digunakan oleh seluruh Perwakilan Indonesia di luar negeri. Diharapkan format pelayanan online yang ditampilkan oleh seluruh Perwakilan RI memiliki kesamaan sehingga memudahkan Warga Negara Indonesia yang tinggal di negara akreditasi maupun masyarakat setempat.

Pada bagian lain, Menlu RI menegaskan agar dalam pelaksanaan tugas Perlindungan dan Pelayanan WNI, Perwakilan RI senantiasa memperhatikan empat aspek penting yakni kecepatan, keamanan, kenyamanan dan transparansi.

Menlu berharap agar tercipta pelayanan kekonsuleran yang efektif dan efisien agar dapat menjangkau berbagai lapisan masyarakat serta yang tinggal jauh dari Perwakilan RI.

Sementara itu Minister Counsellor Protokol dan Konsuler, dalam paparannya Gulfan Afero menjelaskan bahwa fitur Pelayanan Kekonsuleran KBRI London ditampilkan melalui 11 aplikasi yang terintegrasi dan mudah diakses/digunakan (user-friendly) sehingga WNI ataupun WN Inggris yang memerlukan pelayanan konsuler dapat melakukan proses administrasi secara online dan merencanakan jadwal kedatangan ke KBRI London melalui sistem appointment guna menindaklanjuti aplikasinya.

Pewarta: Zeynita Gibbons
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2017