London (ANTARA News) - Dubes RI Dr. Darmansjah Djumala menyerahkan Letter of Credentials (Surat Kepercayaan) kepada Presiden Repubik Slovenia, Borut Pahor, di Istana Kepresidenan Slovenia, menandai dimulainya aktivitas sebagai Dubes LBBP RI untuk Republik Slovenia, pada hari Rabu, waktu setempat.

Slovenia merupakan negara rangkapan Dubes RI untuk Austria, yang berkedudukan di Wina. Selain menjabat sebagai Dubes LBBP untuk Austria dan Slovenia, Djumala juga merangkap sebagai Wakil Tetap RI untuk PBB dan organisasi internasional lainnya di Wina (IAEA, UNOV, UNIDO, CTBTO dan OPEC Fund), demikian Sekretaris Kedua Fungsi Pensosbud KBRI/PTRI Wina, Wina Retnosari kepada Antara London, Kamis.

Setelah penyerahan Surat Kepercayaan, Presiden Borut Pahor didampingi sejumlah pejabat tinggi Kepresidenan, menerima Dubes Djumala untuk pertemuan bilateral dan membahas sejumlah isu penting terkait politik, ekonomi, peluang investasi dan perdagangan, serta keamanan regional.

Pada kesempatan tersebut, Dubes Djumala secara khusus menyampaikan salam hangat Presiden RI dan mengharapkan dukungan Presiden Slovenia untuk peningkatan hubungan bilateral kedua negara.

Presiden Slovenia membalas salam hangat kepada Presiden RI, seraya mengutarakan kekagumannya atas kemajuan pembangunan Indonesia, yang dibangun di atas fondasi demokrasi, kekayaan budaya dan kemajemukan masyarakat.

Djumala lebih lanjut menjelaskan kondisi perekonomian Indonesia yang kian berkembang dan menawarkan peluang investasi di bidang yang menjadi prioritas nasional terutama infrastruktur, energi, maritim dan pariwisata. Diharapkan dengan dukungan Presiden Borut Pahor, kerjasama di bidang-bidang tersebut dapat ditingkatkan.

Selain itu, disinggung pula mengenai Interfaith Dialogue dan kaitannya dengan isu keamanan yang menarik perhatian Presiden Slovania. Dubes Djumala menjelaskan pentingnya kerjasama Interfaith Dialogue sebagai salah satu upaya meningkatkan pemahaman antara dunia Barat dan Islam, termasuk dalam meredam potensi konflik (clash of civilization).

Dengan penduduk Muslim terbesar di dunia, Indonesia berkepentingan untuk menjaga keharmonisan hubungan dengan berbagai pemeluk kepercayaan di Indonesia, guna menjaga stabilitas politik dan keamanan. Pengalaman Indonesia dalam hal ini dapat menjadi inspirasi (lessen-learnt) bagi dunia. Kedua pihak sepakat dialog antar agama perlu ditingkatkan.

Selesai acara penyerahan surat kepercayaan Dubes Djumala mengadakan pertemuan dengan Kadin Slovenia guna menggenjot peningkatan kerjasama di bidang investasi dan perdagangan.

Pewarta: Zeynita Gibbons
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2017