Jakarta (ANTARA News) - Ketua Umum Partai Buruh, Sonny Pudji Sasono, sangat mendukung penuh hal tersebut. Menurutnya, ada sejumlah menteri yang memang harus diganti. Di antaranya Kemenpora yang dipimpin Imam Nahrawi.

“Dalam kondisi negara yang seperti sekarang, Presiden Jokowi memang harus sesegera mungkin melakukan reshufle kebinet di beberapa kementerian,” kata Sonny Pudji Sasono dalam keterangan tertulisnya yang diterima di Jakarta, Sabtu. 

Dari 34 menteri yang ada sekarang, dia melihat posisi Menpora yang saat ini diduduki oleh politisi PKB, Imam Nahrawi, sangat rentan untuk dipertahankan.

“Presiden Jokowi sangat marah ketika mengetahui Kemenpora kembali mendapat disclaimer dari BPK. Apakah kementerian seperti itu akan dipertahankan menterinya?” tukas Sonny yang juga menjabat sebagai Direktur Eksekutif Kajian Strategis Diplomasi Politik Kebudayaan Pusat Perfilman Haji Usmar Ismail (PPHUI).

Kementerian lain yang patut diganti menterinya adalah Kementerian Daerah Tertinggal. “Dibandingkan kementerian lain, kementerian ini benar-benar tertinggal.”

Ketika ditanya siapa yang pantas mendapat kepercayaan menjadi menteri, Sonny menjawab ada beberapa tokoh yang layak menjadi menteri.

“Namun jika Menpora akan diganti, saya melihat sosok Sutiyoso atau Bang Yos (mantan gubernur DKI Jakarta), sangat layak menjadi penggantinya,” ujar Sonny.

Salah satu alasan Sutiyoso pantas dipilih sebagai Menpora, karena berpengalaman memimpin Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI) dan Persija Jakarta.

“Bang Yos punya pengalaman menjadi gubernur Jakarta, memimpin olahraga, khususnya bulu tangkis dan sepak bola. Sebagai mantan gubernur dan Pangdam Jaya, dia juga punya pengalaman dan ketegasan. Mudah-mudahan di tangan Bang Yos, Kemenpora bisa lebih baik dan tak akan mendapat disclaimer lagi dari BPK,” tandasnya.

Lebih dari itu, lanjutnya, sebagai orang yang dekat dengan Jokowi, ikut mengusung Jokowi sebagai capres pada Pemilu 2014 (PKPI), Sutiyoso pasti bisa dengan mudah berkerja sama dengan Presiden Jokowi.

 â€œApalagi beberapa waktu lalu, Bang Yos dipercaya Presiden Jokowi untuk menjabat sebagai kepala BIN. Moga-moga jika Bang Yos jadi Menpora, Indonesia bakal sukses meraih prestasi di Asian Games 2018 yang akan diselenggarakan di Jakarta,” katanya.

Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2017