Silverstone, Inggris (ANTARA News) - Lewis Hamilton mencatat waktu tercepat pada latihan terakhir Grand Prix Inggris di mana dia membidik kemenangan keempat berturut-turut di sini, esok Minggu.

Pebalap Mercedes yang menjadi favorit untuk pole position memacu kendaraannya di sirkuit Silverstone yang dingin, basah dan berangin dengan waktu terbaik satu menit 28,063 detik. Catatan waktu itu lebih cepat dari waktu terbaiknya sehari sebelumnya pada 1:28.496.

Pebalap Ferrari Sebastian Vettel mencatat waktu tercepat kedua dengan berselisih 0,032 detik, sedangkan rekan satu tim Hamilton, Valtteri Bottas, menduduki urutan ketiga, disusul pebalap Ferrari Kimi Raikkonen pada urutan keempat.

Pebalap Renault Nico Hulkenberg berada pada urutan kelima. Bottas dan pebalap Red Bull dari Australia Daniel Ricciardo terkena penalti karena pergantian gearbox tak terjadwal.  Pebalap McLaren Fernando Alonso juga terkena penalti akibat berbagai macam masalah mesin.

Penalti itu membuat balapan ini akan hanya menjadi pertarungan antara Hamilton melawan dua pebalap Ferrari.

Pole position untuk Hamilton yang merupakan juara dunia tiga kali itu akan membuatnya tinggal satu kali tertinggal dari rekor sepanjang masa 68 kali position pole yang dicatat Michael Schumacher. Keuntungan start paling depan akan membuatnya berpotensi menjuarai balapan ini untuk memangkas poin yang saat ini tertinggal 20 poin di belakang Vettel.

Namun pole position tidak begitu penting di Silverstone, karena sejak 2000 pemenang sirkuat ini selalu memulai membalap dari posisi keempat atau lebih tinggi dari itu, demikian Reuters.

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2017