Singapura (ANTARA News) - Para perenang muda Indonesia mendominasi hari pertama ASEAN School Games 2017, Singapura, Sabtu, dengan merebut lima emas, tiga perak dan satu perunggu.

Medali emas dari kompetisi yang digelar di Sekolah Olahraga Singapura itu direbut oleh Azzahra Permatahani di nomor 400 meter gaya bebas putri, Athalarik Maulidio 400 meter gaya bebas putra, Farrel Armandio Tangkas di 200 meter gaya punggung putra, tim gaya bebas estafet 4x200 meter putra dan tim gaya bebas estafet 4x200 meter putri.

Sementara perak diperoleh dari perjuangan Azzahra Permatahani di 200 meter gaya punggung putri, Adinda Larasati di 100 meter gaya bebas putri dan Felicia Angelica di 50 meter gaya dada putri.

Terakhir, medali perunggu didapatkan oleh Daniel Setyawan di 200 meter gaya punggung putra.

Lima medali emas lainnya direbut perenang Malaysia, Thailand, Singapura dan Filipina (dua emas).


(ANTARA News/Michael Siahaan)

Ditemui usai lomba, Athalarik mengaku senang dengan torehan prestasinya. Dia menyebut emas di nomor 400 meter gaya bebas putra memang sesuai targetnya.

"Selain itu, dengan waktu tempuh empat menit 4,6 detik, saya memecahkan rekor terbaik pribadi," ujar perenang berusia 17 tahun tersebut.

Ditemui dalam kesempatan yang sama, Asisten Deputi Pembibitan dan Iptek Olahraga Kementerian Pemuda dan Olahraga Washinton tidak heran dengan pencapaian cabang olahraga renang dengan lima emas di hari pertama.

Menurut Washinton, itu adalah buah dari banyaknya kompetisi renang yang diikuti oleh perenang-perenang pelajar Indonesia sebelum turun di ASG 2017.

"Kalau renang bisa melampaui target, mereka bisa membantu cabang olahraga lain yang belum mendapatkan medali," kata dia.

Pemerintah sendiri menargetkan 10 emas dari renang di ASG 2017. Bersama atletik yang juga ditargetkan serupa, renang diharapkan menjadi pendulang medali terbanyak kontingen Merah Putih yang total diminta bisa menghadirkan setidaknya 30 emas dari 10 cabor yang diikuti.

Sampai berita ini diturunkan, Indonesia masih berada di urutan ketiga perolehan medali terbanyak sementara dengan lima emas, enam perak dan enam perunggu.

Tim Tanah Air berada di bawah Thailand dengan enam emas, enam perak dan tujuh perunggu. Negeri Gajah Putih disusul oleh tuan rumah Singapura dengan total enam emas, lima perak dan tiga perunggu.

Bagi masyarakat yang ingin mengikuti perkembangan terkini Indonesia di ASEAN Schools Games 2017, Singapura, 13-21 Juli 2017, bisa mengikuti media sosial Instagram Asisten Deputi Pembibitan dan Iptek Olahraga Kemenpora @asdeppembibitandaniptekor dengan tagar #INAteam_ASG2017. Informasi sejenis juga tersedia via akun Twitter @pemtekor.

Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2017