Sabtu, 22 Juli 2017

TNI tanam 500 pohon di Aceh Selatan

| 6.026 Views
TNI tanam 500 pohon di Aceh Selatan
Dokumentasi: Sejumlah anggota TNI dari Kodim 0809 Kediri bersiap melakukan penanaman pohon (reboisasi) dalam rangka peringatan Hari Air Sedunia di area sumber air Magersari, Desa Tarokan, Kabupaten Kediri, Jawa Timur, Selasa (22/3). (ANTARA FOTO/Prasetia Fauzani)
Tapaktuan, Aceh (ANTARA News) - Jajaran Kodim 0107 Aceh Selatan bekerja sama dengan Pemkab setempat menggelar kerja bhakti dengan menanam 500 batang pohon di sepanjang jalan menuju kompleks perkantoran di Bukit Gemilang, Tapaktuan, Sabtu.

Kegiatan penanaman pohon dengan tema "Melalui Kegiatan Penghijauan, Kita Mewujudkan Gerakan Indonesia Menanam Pohon Dalam Rangka Menjaga Dan Melestarikan Lingkungan Hidup Serta Mengurangi Pemanasan Global" tersebut dipimpin Dandim 0107/Aceh Selatan Letkol Kav. Hary Mulyanto.

Untuk menyukseskan program penghijauan tersebut, Kodim 0107 melibatkan lebih kurang 200 peserta yang terbagi dalam enam kelompok terdiri dari anggota TNI, personil BPBD, Basarnas dan Damkar, personil Polhut, polisi, siswa/siswi SMA Unggul Tapaktuan dan masyarakat.

Dandim Letkol Kav Hary Mulyanto menyampaikan tujuan kegiatan penanaman pohon tersebut selain untuk mengurangi pemanasan global juga menjaga dan melestarikan lingkungan hidup dari ancaman kerusakan.

Dandim mengajak seluruh masyarakat dan lintas sektoral lainnya untuk bersama-sama menjaga kelestarian alam dan mendukung program penghijauan alam yang digagas oleh jajaran Kodim tersebut.

"Kodim Aceh Selatan terus berupaya mengurangi pemanasan global dan dampak kerusakan alam lainnya. Sejauh ini kami sudah menanam sebanyak 6.000 batang pohon tersebar di seluruh wilayah Kabupaten Aceh Selatan," jelas Dandim.

Melalui momentum itu, Dandim mengajak seluruh lapisan masyarakat di daerah itu agar tidak mengabaikan lingkungan dan jangan merusak alam.

Sebab, kata Dandim, jika alam tidak dirawat secara bersama-sama maka kehidupan makhluk hidup diatas bumi akan terancam.

"Karena itu mari kita kompak melestarikan lingkungan hidup," seru Dandim.

Ia mengharapkan, untuk menjaga keberlangsungan tanaman itu agar lebih terjamin dan benar-benar memberikan manfaat bagi masyarakat diperlukan kerjasama semua pihak untuk mengawasi dan merawat fisik tanaman tersebut.

Pantauan di lapangan, dengan direalisasikannya program gerakan penghijauan menanam pohon yang digagas oleh Kodim 0107/Aceh Selatan tersebut, terlihat masyarakat semakin antusias dan menyadari pentingnya penghijauan untuk kelangsungan hidup.

Salah seorang tokoh masyarakat Desa Lhok Bengkuang Timur, Abdullah mengemukakan bahwa dengan adanya kegiatan penghijauan yang dilaksanakan kodim Aceh Selatan bersama instansi terkait sangat besar manfaatnya dirasakan oleh masyarakat setempat.

"Kami sangat mendukung dan akan menjaga pohon - pohon yang ditanam, karena manfaatnya untuk kita semua dan anak cucu kita nantinya. Semoga TNI semakin berjaya dengan kegiatannya yang selalu memberi manfaat bagi masyarakat," katanya.

(T.KR-ANW/H011)

Editor: Ruslan Burhani

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Berita Lainnya
Komentar Pembaca
Baca Juga