... Pramuka haruslah bersahabat dengan teknologi dengan memanfaatkan teknologi dan berbagai kegiatan Pramuka dapat di kombinasikan menjadi kegiatan yang bermanfaat sekaligus menarik...
Bondowoso, Jawa Timur (ANTARA News) - Wakil Gubernur Jawa Timur, Saifullah Yusuf, mengemukakan, tantangan yang dihadapi Gerakan Pramuka pada era yang serba maju semakin beraneka. Gerakan Pramuka harus harus melek teknologi agar tidak tertinggal perkembangan zaman.

"Apabila Pramuka paham teknologi nanti akan memberi warna bagi dunia kepramukaan di Indonesia," kata dia, yang juga ketua Kwartir Daerah Pramuka Jawa Timur, saat memberikan sambutan pada acara pelantikan pengurus Majelis Pembimbing, Kwartir dan LPK Gerakan Pramuka Kabupaten Bondowoso Masa Bhakti 2017-2022, di Pendopo Kabupaten Bondowoso, Minggu.

Menurut dia, persaingan terjadi tidak hanya antardaerah melainkan antarnegara. Oleh karena itu, katanya, Gerakan Pramuka harus mewarnai media media sosial dengan menyampaikan informasi kegiatan Pramuka yang menarik dan produktif.

Pramuka hari ini, katanya, bukan hanya tentang baris-berbaris atau berkemah tetapi Pramuka mengajarkan tentang penanaman karakter luhur, kepemimpinan, saling tolong menolong, peduli sesama, cerdas, pintar, dan mencintai alam dan Tuhan.

"Pramuka haruslah bersahabat dengan teknologi dengan memanfaatkan teknologi dan berbagai kegiatan Pramuka dapat di kombinasikan menjadi kegiatan yang bermanfaat sekaligus menarik," tuturnya.

"Saya mengusulkan pada Pramuka Bondowoso agar membuat kegiatan yang inovatif dan salah satunya membuat warung kopi Bondowoso, karena Bondowoso terkenal dengan kenikmatan kopinya dan warung kopi tersebut dapat diisi Pramuka sekaligus mempromosikan produk asli daerahnya," ucapnya.

Sementara Bupati Bondowoso, Amin Husni, mengatakan, pelantikan pengurus Gerakan Pramuka Bondowoso harus dijadikan semangat untuk merevitalisasi pendidikan karakter bagi generasi muda melalui gerakan Pramuka.

Pewarta: Novi Husdinariyanto dan Zumrotun Solichah
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2017