Sulaimania, Irak (ANTARA News)- Seorang pejabat teras kontraintelijen Kurdi menyatakan hari ini dia yakin 99 persen bahwa pemimpin ISIS Abu Bakar al-Baghdadi masih hidup dan saat ini sedang berada di selatan kota Raqqa, Suriah. Padahal sebelum ini bos ISIS itu disebut-sebut telah mati.

"Baghdadi sudah pasti masih hidup. Dia tidak mati. Kami punya informasi bahwa dia masih hidup. Kami yakin 99 persen dia masih hidup," kata Lahur Talabany kepada Reuters dalam sebuah wawancara.

"Jangan lupakan akar dia sewaktu bersama Alqaeda di Irak. Dia bersembunyi dari kejaran pasukan keamanan. Dia tahu apa yang dilakukannya."

Pemimpin ISIS ini berulang kali diberitakan telah tewas atau terluka sejak naik ke mimbar masjid Mosul pada 2014 untuk memproklamasikan khilafahnya.

Setelah memimpin petempur-petempurnya sampai Irak utara, Baghdadi berusaha mendirikan khilafah di era moderan yang membentang dari Irak sampai Suriah.

Dia kini menjadi buruan, tapi masih merupakan musuh yang licik, kata Talabany, yang sebagai bagian dari koalisi internasional anti-ISIS menjadi garis depan dalam usaha melacak keberadaan Baghdadi.

"Dia bukan sosok yang mudah. Dia bertahun-tahun punya pengalaman bersembunyi dan berkelit dari pihak keamanan," kata Talabany.

"Wilayah yang mereka kuasai saat ini, sampai hari ini, adalah wilayah yang sangat keras. Ini masih bukan babak terakhir permainan untuk ISIS. Sekalipun mereka telah kehilangan hampir seluruh Mosul dan mereka bersiap untuk kehilangan juga Raqqa."

Pasukan Irak telah mengakhiri kekuasaan tiga tahun ISIS di Mosul, dan saat ini terus tertekan di Raqqa.

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2017