Rabu, 26 Juli 2017

Arena Asian Games 2018 capai 90 persen

| 2.523 Views
Arena Asian Games 2018 capai 90 persen
Stadion Bumi Sriwijaya. Foto aerial pengerjaan renovasi Stadion Madya Bumi Sriwijaya di Palembang, Sumatra Selatan, Rabu (12/7/2017). Stadion ini merupakan salah satu arena yang akan digunakan pada Asian Games 2018. (ANTARA/Nova Wahyudi)
Jakarta (ANTARA News) - Wakil Sekretaris Jenderal Indonesia Asian Games 2018 Organizing Committee (Inasgoc) atau panitia lokal Asian Games 2018, Harry Warganegara, menyebut persiapan arena pesta olahraga multi cabang negara-negara Asia tersebut secara keseluruhan sudah mencapai 90 persen.

"Kalau menurut saya sudah 90 persen tinggal 10 persen yang masih harus dirampungkan, tapi harusnya sudah ada jalan keluarnya itu," kata Harry melalui sambungan telepon, Jakarta, Senin.

10 persen sisa yang harus dirampungkan tersebut, lanjut Harry khususnya cabang olahraga yang mengalami pindah lokasi seperti jet ski dan layar yang kini dipersiapkan akan dilangsungkan di Ancol, namun masih butuh pembaharuan venue.

Pemerintah sendiri menargetkan dapat menyelesaikan pembangunan venue Asian Games yang akan berlangsung pada 18 Agustus hingga 2 September 2018 itu, baik di Jakarta maupun Palembang, Sumatera Selatan, bisa tuntas paling lambat akhir tahun 2017 ini.

Jika arena Asian Games siap, Panitia Penyelenggara Asian Games XVIII Indonesia (Inasgoc) akan segera menggelar test event untuk cabang olaharaga yang akan dipertandingkan pada awal tahun depan.

Kendati demikian, Harry menyebut ada cabang olahraga yang menggelar test event tersebut mulai pekan depan.

"Pekan depan sudah ada yang jalan test event seperti triathlon di Palembang dan pada bulan Agustus ada paragliding," ujar Harry.

Sementara itu dipantau dari lokasi yang direncanakan menjadi arena Asian Games 2018 di Kompleks Olahraga Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, pekerja proyek masih melakukan pemugaran pada komplek tersebut seperti di lapangan softball, baseball, arena akuatik, dan Stadion Utama Gelora Bung Karno.

Selain para pekerja proyek, sejumlah tentara dari Angkatan Darat dan Marinir Angkatan Laut juga tampak membantu proses renovasi kawasan.

Para tentara yang menggunakan kaos hijau loreng tersebut tampak mengangkat paving block yang berada di Parkir Timur Senayan. Paving block tersebut selanjutnya diangkut melalui eskavator ke truk hijau milik TNI AD.

"Ini para tentara membantu untuk proses pengangkatan paving block di Parkir Timur," ujar Lestari, salah satu staf Pusat Pengelolaan Komplek Gelora Bung Karno.

Kendati drmikian, Lestari menyebut lokasi parkir timur Senayan tetap akan difungsikan sebagai lahan parkir. Namun paving block akan diganti dengan yang baru untuk Asian Games 2018.

Dalam Asian Games 2018 ini, cabang olahraga yang akan dipertandingkan rencananya sebanyak 36. Jumlah tersebut mengacu pada potensi medali kontingen tuan rumah.

Editor: Tasrief Tarmizi

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Berita Lainnya
Komentar Pembaca
Baca Juga