Sidoarjo (ANTARA News) - Korps Marinir TNI AL dan Marinir Amerika Serikat menggelar latihan bersama di Bhumi Marinir Gedangan, Sidoarjo, Senin, dalam kaitan mempererat kerja sama kedua belah pihak.

Latihan bersama yang bertajuk "Marines Tactical Warfare Simulation" (MTWS) tersebut secara resmi dibuka oleh Komandan Pasmar-1 Brigadir Jenderal TNI (Mar) Lukman, S.T., M.Si (Han) yang diwakili Wakil Komandan Pasmar-1 Kolonel Marinir Siswoto.

Dalam amanatnya yang dibacakan Wadan Pasmar-1, Komandan Pasmar-1 mengatakan, latihan bersama antara Indonesia dengan Amerika Serikat dalam bentuk gladi posko tersebut dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan kerja sama kedua belah pihak.

"Terutama untuk taktik dan prosedur pasukan multinasional dalam hubungan operasi bantuan kemanusaiaan dengan menggunakan sistem perencanaan militer," katanya dalam keterangan tertulis.

Ia mengemukakan, kegiatan ini juga untuk melatih unsur pimpinan dan pembantu pimpinan Satuan Korps Marinir tingkat batalyon dalam proses pengambilan keputusan militer sesuai level jabatan terkait penanganan bencana alam.

Dirinya berharap, latihan yang menggunakan teknologi simulator terbaru tersebut dapat meningkatkan kemampuan prajurit Marinir di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi menuju kesiapan profesionalitas prajurit di abad komputerisasi, dengan tetap dilandasi rasa persaudaraan marines brotherhood antar prajurit Marinir kedua negara.

"Saya yakin dan percaya, sumbangsih dan kerja keras selama melaksanakan latihan ini akan meningkatkan hubungan baik kedua Negara khususnya Korps Marinir TNI AL dan USMC, dengan harapan semoga latihan ini dapat terlaksana secara berkesinambungan dimasa yang akan datang," ujarnya.

Sementara itu, Letkol Marinir Prasetyo Pinandito selaku Perwira Pelaksana Latihan (Palaklat) mengatakan latihan bersama tersebut akan berlangsung hingga 21 Juli 2017 dengan peserta latihan sejumlah 35 orang, dengan rincian 25 prajurit Korps Marinir TNI AL dan 10 prajurit USMC.

Kegiatan yang dihadiri Wadan Brigif-1 Mar Letkol Mar Dede Harsana, Wadan Menbanpur-1 Mar Letkol Mar M. Zaenal, Wadan Menart-1 Mar Letkol Mar Kurniawan BCP, Paban Sops Pasmar-1 Letkol Mar Rivelson Saragih, Paban Log Pasmar-1 Letkol Mar Wempi, Pasintel Brigif-1 Mar Letkol Mar M. Amin, S.Pd.,M.A.P, Paslog Brigif-1 Mar Letkol Mar Yudi Asmar, Pabandyalat Sops Kormar Mayor Marinir Widarta Kusuma dan pejabat dijajaran Pasmar-1 tersebut juga dihadiri Wadanyon 1 Brigade 3 Okinawa, Jepang, Mayor USMC Brian P. Huysman.

Pewarta: Indra Setiawan
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2017