Jakarta (ANTARA News) - Upaya Partai Republik mencabut dan menggantikan UU Kesehatan peninggalan rezim Barack Obama, Obamacare, menjadi berantakan setelah dua lagi senator asal Partai Republik menyatakan menolak legislasi pengganti Obamacare yang didukung kuat oleh Presiden Donald Trump itu.

Pengumuman penolakan yang disampaikan Senator Mike Lee dari Utah dan Jerry Moran dari Kansas membuat janji kampanye Trump dan Republik untuk menendang Obamacare berpotensi menjadi janji tinggal janji.

Senator Lee dan Senator Moran menyatakan tidak bisa mendukung legslasi yang dipromosikan Ketua Mayoritas Senat Mitch McConnell.

Dua senator Republik lainnya sudah lebih dulu menyampaikan penolakannya atas legislasi ini. Mereka adalah Senator Susan Collins dari Maine dan Senator Rand Paul dari Kentucky. Mereka menolak RUU Kesehatan yang dipromosikan McConnell Kamis pekan lalu itu.

"RUU ajuan Senator McConnell gagal menggantikan Affordable Care Act (Obamacare) atau mengatasi naik tingginya biaya pelayanan kesehatan," kata Senator Moran memberikan alasan.

Sedangkan Senator Lee memberikan alasan, "Untuk alasan yang sama saya tidak bisa mendukung versi berikutnya RUU ini, saya tak bisa mendukung RUU yang satu ini."

Langkah keempat senator Republik menjadi pukulan hebat bagi Trump yang sewaktu kampanye berjanji untuk mencampakkan Obamacare, demikian Reuters.




 

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2017